Laporan Pemeriksaan dan Penyetelan Rem Tromol
Cara Melepas
Tromol ( Sistem Pengikat Pada Flens Roda )
·
Beri
tanda pada tromol dan bagian pemusat pada flens roda, agar dapat dipasang
kembali seperti posisi semula. Posisi pemasangan yang berlainan dapat menimbulkan
tromol oleng, akibatnya mobil bergetar pada saat direm.
·
Lepas
tuas rem tangan sehingga tromol dapat dilepas.
·
Jika
berkarat, bersihkan bagian pemusat pada flens roda dengan kertas gosok dan beri
oli untuk memudahkan pelepasan tromol.
·
Kalau
tromol tidak dapat dilepas dengan tangan, tarik tromol dengan memakai sekrup
pada lubang – lubang ulir yang tersedia untuk pelepasan. Putar sekrup (
biasanya M8 ) bergantian setiap satu putaran kedalam sampai tromol terlepas
Jika
tidak ada lubang ulir untuk menarik tromol, pukul dengan palu baja pada sisi
tromol, sampai tromol dapat dilepas. Kemungkinan lain, bila tromol macet keras
: panaskan tromol dengan brander. Dengan demikian, tromol mengembang dan kendor
dengan sendirinya.
Kalau
tromol sudah kendor tetapi tidak dapat dilepas, sepatu rem harus distel lebih
longgar. Pada tromol yang tua, kadang-kadang ada sisi karatan yang menghalangi
pelepasannya.http://www.warnetgadis.com/
Cara Melepas
Tromol ( Sistem Pengikat Pada Bantalan Roda )
·
Pada
roda tanpa penggerak, tromol biasanya satu unit dengan naf roda. Untuk melepas
tromol, bantalan roda harus dilepas dan distel lagi pada waktu
pemasangan.
·
Bantalan
roda luar dilepas, kemudian tromol dapat dilepas.
·
Jagalah
agar bantalan roda terhindar kotoran !
Pemeriksaan
Fungsi Rem Tromol
·
Periksa
apakah silinder rem macet. Lepas tromol hanya pada rem yang sedang diperiksa.
Tromol roda-roda lain harus terpasang, agar torak – toraknya tidak tertekan
keluar.
Minta
tolong seseorang untuk menekan pedal rem. Torak – torak pada silinder rem yang
diperiksa harus bergerak keluar pada waktu bersamaan dan dapat kembali dengan
sendirinya ke posisi semula. Jika tidak, semua silinder rem pada aksel yang
diperiksa harus diganti baru atau dioverhaul.
·
Periksa
permukaan gesek pada tromol rem. Bila berwarna abu – abu sampai hitam, atau
berkarat, nilai gesekannya kurang. Maka permukaan harus dibersihkan dengan
kertas gosok, atau lebih baik dengan dibubut / digerinda.
·
Sisi
luar permukaan gesek harus dibersihkan dari karat sebaik mungkin.
Pemeriksaan / Pembersihan
Bagian – Bagian Rem Tromol
·
Bersihkan
bagian – bagian rem dengan kuas atau sikat.
·
Dilarang
menggunakan angin ! Pakai air sabun, jika kotor keras.
·
Periksa
kondisi dan pemasangan bagian – bagian sepatu pengikat rem :
-
Kedudukan
ujung sepatu
-
Kedudukan
pegas
-
Pemasangan
batang penghubung
-
Pengunci
sepatu
-
Kedudukan
pegas
-
Kedudukan
ujung sepatu
·
Periksa
tebal kanvas. Jika kurang dari 1,5 mm, atau keling kanvas sudah tercoret,
kanvas harus diganti baru.
·
Periksa
permukaan kanvas. Kalau permukaannya keras dan berkilat, nilai geseknya kurang.
Kanvas harus digosok atau diganti baru agar tercapai efektifitas rem yang
normal.
·
Permukaan
kanvas yang kotor karena oli aksel atau cairan rem biasanya diganti baru.
·
Permukaan
yang buram atau berkilat lemah menunjukkan kondisi kanvas yang normal. Tidak
perlu digosok !
·
Periksa
kebocoran pada sil poros aksel ( hanya pada aksel rigit dengan penggerak roda
). Kebocoran dapat dilihat pada piringan rem dan pada poros aksel yang basah
karena oli. Sil yang bocor harus diganti baru.
·
Periksa
kebocoran pada silinder rem. Jika ada, semua silinder rem pada aksel yang
diperiksa harus dioverhaul atau diganti baru.
·
Untuk
memeriksa kebocoran, lihat juga bagian dalam karet pelindung debu silinder rem.
·
Kontrol,
apakah penyetel sepatu rem dapat diputar dengan ringan. Jika tidak, bersihkan
dan beri pelumas.
Macam – macam
sistem penyetel sepatu rem :
·
Mur
penyetel pada ujung silinder rem.
·
Batang
mur penyetel antara sepatu rem.
·
Eksenter
penyetel pada setiap sepatu rem
·
Sebelum
memasang tromol, beri sedikit vet pada pemusatnya, untuk mencegah karatan. Beri
juga vet pada baut pengikat roda.
·
Pasang
tromol kembali, sesuai dengan posisinya yang telah diberi tanda.
·
Pasang
kembali roda. Momen pengerasan mur roda adalah 70 – 120 Nm untuk mobil sedan,
Colt dan sebagainya. Untuk momen pengerasan yang tepat, lihat buku manual /
data
·
Perhatikan
kebersihan pekerjaan, khusus pada rem-rem depan. Kotoran seperti oli, vet dsb.
Pada kanvas atau permukaan gesek tromol, mengakibatkab rem membanting.
Penyetelan Sepatu Rem
Pada
sistem pengikatan tromol dengan flens, roda harus dipasang untuk mendapat hasil
penyetelan yang baik. ( jika roda tidak terpasang, tromol tidak tertekan teratur
pada flensnya ).
Penyetelan
rem biasanya dapat dilakukan melalui lubang pada piringan rem. Lubang – lubang
tersebut biasanya tertutup dengan karet. Juga ada mobil dengan lubang penyetel
pada tromol ( mis. VW, Suzuki ). Pada sistem ini, roda harus terpasang dengan
posisi lubang pelg pada lubang tromol. Penyetelan dapat dilakukan dengan obeng,
tapi sering lebih sederhana dengan alat khusus atau obeng yang dibengkokkan
sesuai dengan keperluan. Sebelum penyetelan, rem tangan harus dilepas.
Penyetelan sepatu rem dilakukan seperti berikut :
·
Rapatkan
sepatu rem sampai rem mencekam….
·
Kemudian,
kendorkan rem sampai roda dapat berputar bebas. Untuk itu, mur penyetel harus
diputar kembali 3 – 6 gigi.
Petunjuk
Suara gesekan selama roda diputar menunjukkan penyetelan
yang terlalu rapat Akibatnya, rem menjadi panas.
UNTUK VERSI SOFTCOPY (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605
HARGA BERSAHABAT
0 Response to "Laporan Pemeriksaan dan Penyetelan Rem Tromol"
Posting Komentar