Warnet gadisnet

Warnet gadisnet

PERILAKU TERPUJI ( KHUSNUZON )

A.    Pengertian  Husnuzan
Husnuzan secara bahasa berarti “berbaik sangka” . lawan katanya adalah suudzon yang berarti       berburuk sangka atau apriori ,skeptis ,dan sebagainya .husnuzan adalah sikap metra dan cara pandang sesesorang yang membuatnya melihat sesuatu secara positif seorang yang memiliki sikap husnuzan akan mempertimbangkan sesuatu dengan pikiran jernih .pikiran dan hatinya bersih dari prasangka yang belum tentu kebenaranya.
a.      Husnuzan terhadap Allah Swt.
Sebagai seorang muslim kita wajib berprasangka baik kepada Allah Swt. dan rasul-Nya, dalam hal ini berarti setiap muslim harus yakin bahwa Allah Swt. dan rasul-Nya senantiasa berlaku baik kepada dirinya. Perintah dan larangan Allah Swt. yang dibawa oleh rasul-Nya, yang ditetapkan dalam syariat Islam adalah untuk kebaikan manusia sendiri dan sama sekali bukan untuk kebaikan Allah Swt. dan rasul-Nya.
Di antara sikap dan perilaku sebagai perwujudan husnuzan terhadap Allah Swt. adalah perilaku syukur dan sabar.

b.      Husnuzhan terhadap Diri Sendiri
Husnuzhan terhadap diri sendiri adalah sikap seorang muslim yang bisa menghadapi hidup dengan penuh harapan dan tidak pernah putus asa. Sikap seperti ini sangat dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Karena sifat inilah yang dapat menumbuhkan sifat-sifat positif lainnya sperti sifat gigih dan selalu berinisiatif.Dalam hal ini manusia kan selalu mengejar apa yang menjadi keinginannya dan apa yang menjadi cita-citanya. Ia akan selalu berusaha dan tak lupa pula berdoa keada Allah SWT atas semuanya itu.Firman Allah SWT dalam Al Qur`an surat Al Mu`min ayat 60::Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.

B.     Perilaku baik atau Husnuzan dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu :

1. Husnuza terhadap Allah swt
2. Husnuzan terhadap diri sendiri
3. Husnuzan terhadap sesama manusia
1.      Perilaku Husnuzan terhadap Allah swt
Perilaku  Husnuza terhadap Allah swt artinya berprasangka baik kepada apapun yang Allah berikan kepada kita. Semua nikmat yang kita terima dari Allah harus disikapi dengan baik sangka. sehingga kita rela dan ikhlas menerima nikmat-Nya tersebut. Jika kita selalu berperasangka baik kepada Allah swt niscaya kita akan selalu mersa bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada kita, dan kita yakin bahwa itu adalah yang terbaik bagi kita menurut Allah sebab, yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah swt.

2.      Perilaku Husnuzan terhadap diri sendiri

Perilaku Husnuzan terhadap diri sendiri artinya berprasangka baik terhadap kemampuan yang dimiliki oleh diri sendiri. Dengan kata lain, senantiasa percaya diri dan tidak merasa rendah di kalangan orang lain. Orang yang memiliki sikap perilaku Husnuzan terhadap diri sendiri, niscaya selalu memiliki semangt tinggi untuk meraih sukses dalam setiap langkahnya. Sebab, ia telah mengenali dengan baik kemampuan yang dimilikinya, sekaligus memahami kelemahan yang ada. Sehingga ia dapat mengetahui, kapan harus maju dan tampil kedepan dan kapan harus menahan diri karena merasa tidak memiliki kemampuan di bidang itu.

3.      Perilaku Husnuzan terhadap sesama manusia

Perilaku Husnuzan terhadap sesama manusia artinya berprasangka baik terhadap semua orang dan tidak meragukan kemampuan atau bersikap apriori. Semua orang dipandang baik, sebelum terbukti kesalahan atau kekeliruannya, sehingga tidak menimbulkan kekacauan dalam pergaulan. Orang yang memiliki sikap perilaku husnuzan terhadap sesama manusia, hidupnya akan memiliki banyak teman, disukai semua kawan dan disegani lawan.
Husnuzan terhadap sesama juga merupakan kunci sukses dalam pergaulan, baik pergaulan di sekolah, di tempat bermain, di rumah maupun di tempat bekerja. sebab tidak akan ada pergaulan yang rukun dan harmonis tanpa ada prasangka baik antar satu individu dengan individu lainnya.
Misalnya, ketika kamu mendapat nilai buruk pada suatu mata pelajaran, kamu tidak menuduh pak Guru yang mengajar mata pelajaran itu telah berbuat curang atau menuduh teman kamu yang merasa tidak senang dengan prestasimu yang bagus. Sebaliknya kamu memiliki pikiran yang positif bahwa bapak guru mata pelajaran itu telah melakukan tugasnya dengan baik, hanya saja ada kekurangan atau kelemahan dalam diri kamu pada waktu itu, sehingga kamu gagal mendapatkan nilai yang sempurna. Namun demikian kamu tidak berputus asa, melainkan semakin bersemangat untuk belajar lebih giat dan tekun, agar kegagalan pada saat ini dapat terganti di masa yang akan datang.

C.    Sikap Khusnuzon
a.       Membentuk pribadi yang tangguh
b.      Menjadikan seseorang teguh pendirian
c.       Menjadikan seseorang kreatif
d.      Menyebabkan seseorang tidak gampang berputus asa dan menyerah terhadap keadaan

UNTUK VERSI LENGKAP (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605 

0 Response to "PERILAKU TERPUJI ( KHUSNUZON )"

Posting Komentar