Asal Usul Jembatan Pak Malik dan Bahasa Jawanya - Dharmasraya
ASAL USUL JEMBATAN PAK MALIK
Tahun 1980 an di blok D sitiung II
daerah perbatasan kabupaten Dharmasraya dan kabupaten Jujuhan Ilir yaitu
terdapat sungai lumayan besar.Sungai itu cabang dari sungai Batang Hari.Apabila
warga setempat ingin pergi ke Blok
D, Blok E, Blok F, Blok G, dan Pulau Batu harus melewati
sungai tersebut menggunakan alat transportasi yaitu kapal.Kalau ingin menaiki
kapal tersebut susah-susah gampang karena jalan di daerah setempat sangatlah
sempit dan masih dari tanah merah yang
belum terdapat aspal di daerah setempat. Apabila daerah sungai hujan,
jalan susah dilewati dan sangat ekstrim.
Beberapa tahun kemudian warga
mengusulkan kepada pemerintah setempat agar dibuatkan jembatan yang layak agar
warga tidak susah untuk bepergian.Mendengar usulan dari warga,pemerintah
akhirnya memberikan dana untuk membuat jembatan tersebut.Karena dana dari
pemerintah tidak memadai dan hanya cukup untuk membeli sebagian kecil material
pembuat jembatan.Karena dana itu hanya cukup untuk membeli kayu dan besi saja,
dengan material tersebut jembatan dibuat secara sederhana.Warga setempat bergotong
royong membuat jembatan tersebut dan jembatan itu selesai dalam waktu kurang
lebih 4 bulan lamanya.
Setelah beberapa lama jembatan
itu ada dan sering dilalui oleh mobil yang muatannya melebihi kapasitas, oleh
sebab itu jembatan mulai rapuh bagian atasnya dan bolong-bolong.Suatu hari ada
satu kejadian sekitar pukul 23:15 WIB sebuah mobil pribadi dan mobil truk
bernuatan balok melewati jembatan tersebut secara bersamaan.Sampai
ditengah-tengah jembatan, karena beban truk tadi sangat berat sehingga jembatan
tersebut putus.Kedua mobil itu masuk dan tenggelam ke sungai dibawah
jembatan.Di waktu kejadian itu terjadi ada seorang bapak-bapak yang sedang
memancing, bapak-bapak itu melihat kejadian tersebut dan akhirnya bapak itu pergi mencari pertolongan.Karena
kejadian itu terjadi tengah malam akhirnya pencarian korban dilanjutkan esok
hari.
Keesokan harinya pencarian
dilanjutkan dan hasilnya hanya menemukan seseorang yang diduga supir truk dan
seorang ibu-ibu dan kedua anaknya yang diduga juga anggota keluarga yang
menaiki mobil pribadi.Setelah diselidiki, ternyata seorang warga mengenali
keluarga dari korban tersebut, dan ternyata itu adalah keluarga Pak Malik yang
tinggal di Blok D, Sitiung II.Tetapi setelah dicari beberapa hari Pak Malik tidak ditemukan
karena diduga terseret arus sungai.
Setelah beberapa bulan kejadian
itu terjadi akhirnya pemerintah memberi dana yang besar untuk membuat jembatan
yang bagus dan kokoh.Dalam pembuatan jembatan yang bagus dan kokoh tentu saja
memerlukan material yang bagus pula.Yaitu seperti besi,semen,pasir,batu dan
lain-lain.Setelah beberapa bulan pembuatannya akhirnya jembatan selesai dalam
kurun waktu yang lama dan diberi nama jembatan Pak Malik. Sampai sekarang
jembatan itu masih tetap kuat dan kokoh.Menurut kepercayaan warga setempat
apabila melewati jembatan tersebut diharuskan mengucapkan salam atau
membunyikan klakson.
ASAL USUL JEMBATAN PAK MALIK
Tahun 1980 ing pemblokiran D SITIUNG II Dharmasraya kecamatan tlatah tapel wates lan kabupaten Jujuhan Ilir IE ana besar.Sungai kali sing cabang saka kali Batang Hari.Apabila pedunung lokal dipengini kanggo Block D, Block E, Block F, Block G, lan Island watu kanggo nglintasi kali nggunakake sarana transportasi sing kapal.Kalau pengin numpak kapal keganggu gampang amarga dalan ing wilayah lokal banget panah lan isih saka lemah abang sing durung ditemokake ing aspal wilayah lokal. Yen udan Kali, dalan kangelan impassable lan nemen.
Sawetara
taun mengko warga ngusulne
kanggo pamaréntah lokal sing digawe kreteg sing tepat supaya warga sing ora
angel kanggo usulan-usulan bepergian.Mendengar warga, pemerintah wis kasedhiya
dana kanggo nggawe kreteg tersebut.Karena pendanaan pemerintah cupet lan mung
cukup kanggo tuku bagean cilik saka Edo jembatan
materi amarga
dana mung cukup kanggo tuku kayu lan wesi piyambak, karo jembatan materi digawe
secara sederhana.Warga lokal makarya
bebarengan kanggo nggawe kreteg lan jembatan iki rampung ing kurang saka 4
sasi.
Sawise
sawetara wektu jembatan ana lan kerep dening mbukak ngluwihi kapasitas saka
mobil, mulane, jembatan punika kawiwitan kanggo ndhuwur pecah lan godhongé
amba-bolong.Suatu dina ana siji kedadean ing babagan 23:15 pm mobil pribadi lan
truk nyebrang bernuatan ing bersamaan.Sampai ing tengah jembatan, amarga mbukak
truk supaya abot sing jembatan putus.Kedua mobil mlebu lan menyang kali ing
wektu jembatan.Di kedaden ana bapak-bapak kang padha mancing,
leluhur iku weruh
kedadean lan pungkasanipun rama itu longu nggolek pertolongan.Karena kedaden ing tengah wengi rampung nggolek i slamet terus sesuk.
Dino sabanjuré nggolek i iki terus lan asil mung manfaat
wong seng di tuduh saka sopir
truk lan ibu lan anak loro padha dinuga uga anggota kulawarga sing menek
diselidiki pribadi.Setelah, dadi warga kanggo ngenali kulawargané korban, lan
iku dadi metu iku kulawarga saka Pak
Malik sing
urip ing pemblokiran D,
Sitiung
II.Tetapi sawise
sawetara dino Pak Malik ora ditemokaké kanggo
dinuga nyeret stream.
Sawise
sawetara sasi kedaden pungkasanipun pamaréntah marang dana kanggo nggawe kreteg
apik lan kokoh. Dalam
Pabrik apik, jembatan
ngalangi mesthi mbutuhake pula.Yaitu materi sing becik: kayata wesi, semen,
wedhi, watu lan lain.Setelah liyane sawetara
sasi pembangunan pungkasan kreteg rampung ing wektu sing suwe lan dijenengake
jembatan Pak. Malik. Nganti
saiki jembatan isih kuwat lan kokoh.Menurut dateng warga lokal nalika nyebrang
jembatan sing ngomong salam mbi ngunekne klakson.
Sumber : Istimewa
Maaf jikada ada kesalahan penulisan dan sejarah
NOTES :
Ini cuma hasil buatan siswa/siswi (Kesalahan sumber/materi diluar tanggung jawab admin)
Tulisan ini hanya sekedar untuk melengkapi tugas mata pelajaran disekolah
tidak ada unsur membuat, merubah asal muasal sebuah daerah.
Mohon di maklumi dan dipahami
HANYA TUGAS SEKOLAH
0 Response to "Asal Usul Jembatan Pak Malik dan Bahasa Jawanya - Dharmasraya"
Posting Komentar