Makalah Tentang Taman Sekolah (Contoh 1)
KATA PENGANTAR
Puji dan
syukur saya haturkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat-Nya saya dapat
menyelesaikan karya ilmiah ini dengan judul Taman Sekolah. Karya ilmiah
imi dibuat untuk memenuhi tugas Kejuruan.
Dalam karya ilmiah ini menjelaskan tentang taman sekolah dan memberikan
gambaran seberapa pentingkah taman sekolah. Berbicara taman sekolah secara
tidak langsung kita berbicara tentang penghijauan. Walaupun hanya di sekolah,
tetapi kita dapat mengetahui serta memahami arti penting taman sekolah.
Pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak
yang telah mendukung tersusunnya karya ilmiah ini, serta semua pihak yang telah
mendukung karya ilmiah ini yang tidak mungkin disebutkan satu persatu. Pada
kesempatan ini pula, saya sampaikan permohonan maaf apabila dalam penyusunan
karya ilmiah ini terdapat kesalahan. Saya menydari bahwa karya ilmiah ini masih
banyak kekurangan.
Saya berharap karya ilmiah ini bermanfaat bagi pembaca dan kita semua. Oleh
karena itu saran dan kritik membangu sangat saya harapkan untuk menjadi kebih
baik di masa yang akan datang.
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR.................................................................................................... i
DAFTAR
ISI................................................................................................................... ii
BAB
1 PENDAHULUAN............................................................................................. 1
1.1 Latar
Belakang .................................................................................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah................................................................................................ 1
1.3 Tujuan
Penulisan.................................................................................................. 1
1.4 Manfaat................................................................................................................ 2
BAB
II PEMBAHASAN............................................................................................... 3
2.1 Manfaat
Tumbuhan ............................................................................................. 3
2.2 Penataan
Taman Sekolah..................................................................................... 3
2.3 Perawatan
Taman Sekolah................................................................................... 4
2.4 Tumbuhan
yang Ditanam dan Pemanfaatan Taman Sekolah.............................. 6
BAB
III PENUTUP........................................................................................................ 7
3.1 Kesimpulan.......................................................................................................... 7
3.2 Saran.................................................................................................................... 7
DAFTAR
PUSTAKA..................................................................................................... 8
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pada zaman modern ini wilayah kosong untuk menanami tanaman
sudah sedikt sekali. Bahkan pada lingkungan sekolah. Kurangnya kesadaran
terhadap pentingnya tumbuhan membuat hal itu terjadi. Sekarang, pada umunya
sekolah-sekolah yang ada tidak memiliki taman sekolah dan jika memiliki pun
tidak merawatnya dengan baik. Sehingga keadaan sekolah pun menjadi gersang
karena hanya ada sedikit tanaman dan kurang enak dipandang jika tidak ada
taman, karenataman juga bisa sebagai hiasan sekolah. Kurangnya minat untuk
merawat taman sekolah itu pun menjadi alasannya.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Menyadarkan
warga sekolah untuk menyadari dan memahami pentingnya taman sekolah.
- Merawat dan menjaga taman sekolah.
- Pemanfaatan taman sekolah.
- Jenis tumbuhan yang d tanam, di taman sekolah.
- Minat warga sekolah terhadap taman sekolah.
- Penataan taman sekolah.
1.3
Tujuan Penulisan
Dengan sadarnya semua warga sekolah dalam menyadari
pentingnya taman sekolah maka secara tidak langsung mereka akan merawat dan
menjaganya dengan baik, sehingga sebuah taman tidak hanya dijadikan hiasan
semata. Perawatan yang baik dan benar serta memilih tanaman yang bermanfaat dan
bagus akan menjadi suatu nilai estetika dari sebuah taman sekolah. Dalam taman
sekolah bisa di tanam dengan tumbuhan obat herbal maupun di jadikan apotik
hidup yang bisa sekaligus sebagai media pembelajaran di sekolah. Dan
menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif.
1.4
Manfaat
Begitu banyak manfaat dari sebuah taman sekolah, selain
salah satu sebagai tindakan untuk penghijauan agar sekolah menjadi lebih asri,
rindang dan sejuk. Sehingga membuat suasana yang nyaman untuk berada disekolah
maupu dalam proses pembelajaran. Taman sekolah yang dirawat dengan baik dan
benar, akan menjadikan taman yang indah dan enak untuk di lihat. Dan semua
siswa ataupun guru-guru bisa menjadikan taman sekolah sebagai salah satu tempat
untuk menghabiskan waktu istirahat.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Manfaat Tumbuhan
Akhir
– akhir ini sekolah di berbagai daerah pada umumnya tidak memiliki taman
sekolah. Dan hanya sedikit yang mempunyai, tetapi semua itu pun tidak dirawat
dan dimanfaatkan dengan baik. Begitu sulit untuk menyadarkan warga sekolah
untuk merawat sebuah taman sekolah. Tumbuhan yang ada di taman sekaligus
sebagai penghasil oksigen, karena kemampuan tumbuhan berfotosintesis dengan
cara menghisap carbondioksida ( Co2 ) dari udara dan air (H2O)
dari dalam tanah dengan bantuan sinar matahari ditambah klorofil maka akan
menghasilkan Oksigen (O2) yang baik yang membuat udara di sekolah
tampak lebih segar karena berkurangnya polusi. Dan hijaunya dedaunan yang
rindang dari tanaman akan membuat sekolah tampak lebih sejuk.
2.2 Penataan Taman
Pertama
kita akan memerlukan Pertama kita memerlukan tempat dan tanah yang baik di
sekolah untuk taman. Tempat yang dapat terkena sinar matahari selama enam jam
tiap hari. Tempat yang jauh dari anak-anak kecil(TK/SD). Mungkin anak-anak
kecil secara tidak sadar dapat menginjak-injak taman saat bermain kejar-kejaran
atau saat bermain bola.
Hal
yang harus dipertimbangkan lagi adalah tidak mungkin sekolah menyediakan tempat
yang cukup yang luas dan besar untuk sebuah taman. Mungkin sekolah akan
menyediakan tempat yang lahannya agak kecil. Ada satu ide untuk dicoba dalam
mengatasi lahan yang kecil di sekolah adalah kebun persegi panjang. Buatlah kebun dalam barisan panjang yang tiap kotaknya
dapat diisi 2 tanaman berbanjar. Dengan ini, semua murid bisa menjangkau semua
kotak dan dapat mempraktekan menanan sendiri tanamannya. Kebun panjang ini bisa
digunakan untuk mengisi di tengah 2 jalan tengah.
Pilihlah
tempat yang dapat terkena sinar matahari minimal tiga jam sehari. Jika kurang
cahaya, biasakan mengeluarkan pot keluar (lapangan) untuk beberapa jam kemudian
kembalikan ke tempat semula.
Bunga-bunga
menghiasi setiap lorong di antara kelas-kelas
Kita
bisa menanam bunga-bunga di setiap lorong antara kelas-kelas jika tersedia
lahan yang cukup. Jka lahan yang tersedia sedikit kita bisa memnggunakan cara
yaitu dengan menggunakan kotak jendela dan pot-pot kecil yang dapat dimasukkan
ke dalam jendela di dalam sekolah. Atau letakan pot di pojok kelas, di teras
kelas, di bawah tangga terbuka, atau di ruangan lain.
Taman
samping koridor
2.3 Perawatan Taman Sekolah
Tidak
hanya menanam dan menata taman sekolah, kita juga harus merawatnya dengan baik.
Yaitu dengan menyiram dan memberi pupuk tanaman. Merawat taman sekolah tidak
hanya oleh petugas kebersihan sekolah saja tetapi kita juga selaku warga
sekolah harus merawatnya juga, yaitu. Pada umumnya bunga-bunga yang ditanam
tidak memerlukan pupuk yang banyak hanya saja harus mendapatkan sinar matahari
dan air yang cukup. Terkecuali, jika tanaman yang ditanam adalah jenis buah
buahan atau sayur sayuran harus diberi pupuk yang teratur agar buah atau hasil
yang di dapatkannya pun maksimal. Jika ada hama gunakanlah pestisida secukupnya
tidak usah berlebih karena menimbukan efek negatif terhadap tubuh dan
akan mempengaruhi kesehatan kita jika memakannya.
Sediakan
lah tempat sampah di setiap sisi taman sekolah, agar taman tetap bersih dan
terjaga dari sampah sampah yang berserakan. Setiap siswa dilarang mengambil
atau memetik tumbuhan secara sembarangan yang ada di taman tanpa seizin guru
yang bersangkutan. Karena akan mempengaruhi keindahan dan akan merusak
taman tersebut.
Penataan taman
yang baik juga mempengaruhi pada keindahan suatu taman. Kita harus mentata
pananaman tumbuhan dengan baik dan juga tanaman apa saja yang sesuai ditanam
pada tempatnya dan sebagaimana fungsinya, tidak hanya asal menanam. Maka jika
kita tepat dalam menata tanaman akan tercipta suatu taman yang indah dan enak
untuk dilihat
Deretan pohon
palm menambah sejuknya suasana belajar.
Penjalaran/Paranggong
tanaman Anggur sebagai peneduh di sisi kiri sekolah.
2.4 Tumbuhan yang Ditanam dan
Pemanfaatan Taman Sekolah
Berkebun
di sekolah bisa menjadi salah satu media pengajaran yang efektif. Siswa pasti
akan senang untuk belajar di luar kelas. Taman tidak hanya ditanami untuk bunga
dan tanaman hias saja. Buah, dan sayur-sayuran pun bisa untuk ditanam di taman
sekolah. Mungkin Siswa akan lebih senang dan lebih puas menikmati buah atau
sayur-sayuran hasil menanamnya sendiri.
Banyak
pilihan tanaman yang bisa ditanam di sebuah taman sekolah. Kita mungkin dapat
menanam bunga agar taman penuh dengan warna dan indah. Kita juga dapat menanam
kebun selada, tomat, wortel, mentimun, dan apotik hidup. Yang harus
dipertimbangkan lagi adalah tanamlah tanaman yang akan tumbuh dengan cepat dan
mudah, seperti bunga matahari, labu, kacang-kacangan atau umbi. Namun
pertimbangkan juga, apakah tanaman yang akan ditanam tumbuh dengan baik di
iklim anda.
Selain
dinikmati keindahannya dan untuk penghijauan, Ternyata taman bisa dijadikan
media pembelajaran di berbagai bidang studi. Bidang Matematika siswa bisa
mempelajari tentang mengukur pola, bentuk, ukuran, statistik, sample, dan
lain-lain. Bidang biologi, kita dapat mengamati tanaman dan siklus kehidupan
mereka, habitat, dan jenis-jenis tanah. Dalam Bidang bahasa dapat dijadikan
tempat belajar untuk mencari inspirasi membuat puisi, lagu, penelitian, karya
tulis ilmiah tentang kebun, dan taman. Di bidang keterampilan siswa bisa untuk
menata taman yang rapi, merawat tanaman. Di bidang musik, seni, dan sosial pun
kebun juga bisa menjadi media pembelajaran juga. Siswa akan mendapatkan
pengalaman berharga saat mereka bekerja, menanam, merawat di kebun sekolah
mereka.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Penataan
Lingkungan Sekolah menjadi lebih hijau dapat menciptakan suasana yang
asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM. Dan akan
tercipta lingkungan yang kondusif. lingkungan sekolah yang kondusif juga akan
ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat
diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus
melestarikan penghijauan di lingkungan sekolah.
3.2 Saran
Mari
ciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dengan mengadakan penghijauan
yaitu dengan cara merawat dan membuat taman sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.green.kompasiana.com
/penghijauan/2012/03/15/membudayakan-sekolah-hijau/
UNTUK
VERSI LENGKAP (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN
DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG
SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330
/ 0853-6527-3605
0 Response to "Makalah Tentang Taman Sekolah (Contoh 1)"
Posting Komentar