Warnet gadisnet

Warnet gadisnet

Makalah Tentang Taman Sekolah (Contoh 1)





KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur saya haturkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan judul Taman Sekolah. Karya ilmiah imi dibuat untuk memenuhi tugas Kejuruan.

            Dalam karya ilmiah ini menjelaskan tentang taman sekolah dan memberikan gambaran seberapa pentingkah taman sekolah. Berbicara taman sekolah secara tidak langsung kita berbicara tentang penghijauan. Walaupun hanya di sekolah, tetapi kita dapat mengetahui serta memahami arti penting taman sekolah.

            Pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung tersusunnya karya ilmiah ini, serta semua pihak yang telah mendukung karya ilmiah ini yang tidak mungkin disebutkan satu persatu. Pada kesempatan ini pula, saya sampaikan permohonan maaf apabila dalam penyusunan karya ilmiah ini terdapat kesalahan. Saya menydari bahwa karya ilmiah ini masih banyak kekurangan.

            Saya berharap karya ilmiah ini bermanfaat bagi pembaca dan kita semua. Oleh karena itu saran dan kritik membangu sangat saya harapkan untuk menjadi kebih baik di masa yang akan datang.



Penulis





DAFTAR ISI





KATA PENGANTAR....................................................................................................      i
DAFTAR ISI...................................................................................................................      ii
BAB 1 PENDAHULUAN.............................................................................................      1
1.1  Latar Belakang ....................................................................................................      1
1.2  Rumusan Masalah................................................................................................      1
1.3  Tujuan Penulisan..................................................................................................      1
1.4  Manfaat................................................................................................................      2
BAB II PEMBAHASAN...............................................................................................      3
2.1  Manfaat Tumbuhan .............................................................................................      3
2.2  Penataan Taman Sekolah.....................................................................................      3
2.3  Perawatan Taman Sekolah...................................................................................      4
2.4  Tumbuhan yang Ditanam dan Pemanfaatan Taman Sekolah..............................      6
BAB III PENUTUP........................................................................................................      7
3.1  Kesimpulan..........................................................................................................      7
3.2  Saran....................................................................................................................      7
DAFTAR PUSTAKA.....................................................................................................      8







 BAB 1

PENDAHULUAN



1.1    Latar Belakang

Pada zaman modern ini wilayah kosong untuk menanami tanaman sudah sedikt sekali. Bahkan pada lingkungan sekolah. Kurangnya kesadaran terhadap pentingnya tumbuhan membuat hal itu terjadi. Sekarang, pada umunya sekolah-sekolah yang ada tidak memiliki taman sekolah dan jika memiliki pun tidak merawatnya dengan baik. Sehingga keadaan sekolah pun menjadi gersang karena hanya ada sedikit tanaman dan kurang enak dipandang jika tidak ada taman, karenataman juga bisa sebagai hiasan sekolah. Kurangnya minat untuk merawat taman sekolah itu pun menjadi alasannya.

1.2    Rumusan Masalah
1.      Menyadarkan warga sekolah untuk menyadari dan memahami pentingnya taman sekolah.
  1. Merawat dan menjaga taman sekolah.
  1. Pemanfaatan taman sekolah.
  1. Jenis tumbuhan yang d tanam, di taman sekolah.
  1. Minat warga sekolah terhadap taman sekolah.
  1. Penataan taman sekolah.
1.3    Tujuan Penulisan
Dengan sadarnya semua warga sekolah dalam menyadari pentingnya taman sekolah maka secara tidak langsung mereka akan merawat dan menjaganya dengan baik, sehingga sebuah taman tidak hanya dijadikan hiasan semata. Perawatan yang baik dan benar serta memilih tanaman yang bermanfaat dan bagus akan menjadi suatu nilai estetika dari sebuah taman sekolah. Dalam taman sekolah bisa di tanam dengan tumbuhan obat herbal maupun di jadikan apotik hidup yang bisa sekaligus sebagai media pembelajaran di sekolah. Dan menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif.


1.4    Manfaat
Begitu banyak manfaat dari sebuah taman sekolah, selain salah satu sebagai tindakan untuk penghijauan agar sekolah menjadi lebih asri, rindang dan sejuk. Sehingga membuat suasana yang nyaman untuk berada disekolah maupu dalam proses pembelajaran. Taman sekolah yang dirawat dengan baik dan benar, akan menjadikan taman yang indah dan enak untuk di lihat. Dan semua siswa ataupun guru-guru bisa menjadikan taman sekolah sebagai salah satu tempat untuk menghabiskan waktu istirahat.





BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Manfaat Tumbuhan
Akhir – akhir ini sekolah di berbagai daerah pada umumnya tidak memiliki taman sekolah. Dan hanya sedikit yang mempunyai, tetapi semua itu pun tidak dirawat dan dimanfaatkan dengan baik. Begitu sulit untuk menyadarkan warga sekolah untuk merawat sebuah taman sekolah. Tumbuhan yang ada di taman sekaligus sebagai penghasil oksigen, karena kemampuan tumbuhan berfotosintesis dengan cara menghisap carbondioksida ( Co2 ) dari udara dan air (H2O) dari dalam tanah dengan bantuan sinar matahari ditambah klorofil maka akan menghasilkan Oksigen (O2) yang baik yang membuat udara di sekolah tampak lebih segar karena berkurangnya polusi. Dan hijaunya dedaunan yang rindang dari tanaman akan membuat sekolah tampak lebih sejuk.

2.2  Penataan Taman
Pertama kita akan memerlukan Pertama kita memerlukan tempat dan tanah yang baik di sekolah untuk taman. Tempat yang dapat terkena sinar matahari selama enam jam tiap hari. Tempat yang jauh dari anak-anak kecil(TK/SD). Mungkin anak-anak kecil secara tidak sadar dapat menginjak-injak taman saat bermain kejar-kejaran atau saat bermain bola.
Hal yang harus dipertimbangkan lagi adalah tidak mungkin sekolah menyediakan tempat yang cukup yang luas dan besar untuk sebuah taman. Mungkin sekolah akan menyediakan tempat yang lahannya agak kecil. Ada satu ide untuk dicoba dalam mengatasi lahan yang kecil di sekolah adalah kebun persegi panjang. Buatlah kebun dalam barisan panjang yang tiap kotaknya dapat diisi 2 tanaman berbanjar. Dengan ini, semua murid bisa menjangkau semua kotak dan dapat mempraktekan menanan sendiri tanamannya. Kebun panjang ini bisa digunakan untuk mengisi di tengah 2 jalan tengah.
Pilihlah tempat yang dapat terkena sinar matahari minimal tiga jam sehari. Jika kurang cahaya, biasakan mengeluarkan pot keluar (lapangan) untuk beberapa jam kemudian kembalikan ke tempat semula.


Bunga-bunga menghiasi setiap lorong di antara kelas-kelas










Kita bisa menanam bunga-bunga di setiap lorong antara kelas-kelas jika tersedia lahan yang cukup. Jka lahan yang tersedia sedikit kita bisa memnggunakan cara yaitu dengan menggunakan kotak jendela dan pot-pot kecil yang dapat dimasukkan ke dalam jendela di dalam sekolah. Atau letakan pot di pojok kelas, di teras kelas, di bawah tangga terbuka, atau di ruangan lain.


Taman samping koridor











2.3  Perawatan Taman Sekolah

Tidak hanya menanam dan menata taman sekolah, kita juga harus merawatnya dengan baik. Yaitu dengan menyiram dan memberi pupuk tanaman. Merawat taman sekolah tidak hanya oleh petugas kebersihan sekolah saja tetapi kita juga selaku warga sekolah harus merawatnya juga, yaitu. Pada umumnya bunga-bunga yang ditanam tidak memerlukan pupuk yang banyak hanya saja harus mendapatkan sinar matahari dan air yang cukup. Terkecuali, jika tanaman yang ditanam adalah jenis buah buahan atau sayur sayuran harus diberi pupuk yang teratur agar buah atau hasil yang di dapatkannya pun maksimal. Jika ada hama gunakanlah pestisida secukupnya tidak usah berlebih karena menimbukan efek negatif terhadap tubuh  dan akan mempengaruhi kesehatan kita jika memakannya.

Sediakan lah tempat sampah di setiap sisi taman sekolah, agar taman tetap bersih dan terjaga dari sampah sampah yang berserakan. Setiap siswa dilarang mengambil atau memetik tumbuhan secara sembarangan yang ada di taman tanpa seizin guru yang bersangkutan. Karena akan mempengaruhi  keindahan dan akan merusak taman tersebut.


Taman sekolah yang terawat










Penataan taman yang baik juga mempengaruhi pada keindahan suatu taman. Kita harus mentata pananaman tumbuhan dengan baik dan juga tanaman apa saja yang sesuai ditanam pada tempatnya dan sebagaimana fungsinya, tidak hanya asal menanam. Maka jika kita tepat dalam menata tanaman akan tercipta suatu taman yang indah dan enak untuk dilihat

 Deretan pohon palm menambah sejuknya suasana belajar.













Penjalaran/Paranggong tanaman Anggur sebagai peneduh di sisi kiri sekolah.











2.4  Tumbuhan yang Ditanam dan Pemanfaatan Taman Sekolah
Berkebun di sekolah bisa menjadi salah satu media pengajaran yang efektif. Siswa pasti akan senang untuk belajar di luar kelas. Taman tidak hanya ditanami untuk bunga dan tanaman hias saja. Buah, dan sayur-sayuran pun bisa untuk ditanam di taman sekolah. Mungkin Siswa akan lebih senang dan lebih puas menikmati buah atau sayur-sayuran hasil menanamnya sendiri.
Banyak pilihan tanaman yang bisa ditanam di sebuah taman sekolah. Kita mungkin dapat menanam bunga agar taman penuh dengan warna dan indah. Kita juga dapat menanam kebun selada, tomat, wortel, mentimun, dan apotik hidup. Yang harus dipertimbangkan lagi adalah tanamlah tanaman yang akan tumbuh dengan cepat dan mudah, seperti bunga matahari, labu, kacang-kacangan atau umbi. Namun pertimbangkan juga, apakah tanaman yang akan ditanam tumbuh dengan baik di iklim anda.
Selain dinikmati keindahannya dan untuk penghijauan, Ternyata taman bisa dijadikan media pembelajaran di berbagai bidang studi. Bidang Matematika siswa bisa mempelajari tentang mengukur pola, bentuk, ukuran, statistik, sample, dan lain-lain. Bidang biologi, kita dapat mengamati tanaman dan siklus kehidupan mereka, habitat, dan jenis-jenis tanah. Dalam Bidang bahasa dapat dijadikan tempat belajar untuk mencari inspirasi membuat puisi, lagu, penelitian, karya tulis ilmiah tentang kebun, dan taman. Di bidang keterampilan siswa bisa untuk menata taman yang rapi, merawat tanaman. Di bidang musik, seni, dan sosial pun kebun juga bisa menjadi media pembelajaran juga. Siswa akan mendapatkan pengalaman berharga saat mereka bekerja, menanam, merawat di kebun sekolah mereka.



BAB III

PENUTUP



3.1  Kesimpulan
Penataan Lingkungan Sekolah menjadi lebih hijau  dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM. Dan akan tercipta lingkungan yang kondusif. lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan penghijauan di lingkungan sekolah.

3.2  Saran
Mari ciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dengan  mengadakan penghijauan yaitu dengan cara merawat dan membuat taman sekolah.






DAFTAR PUSTAKA

http://www.green.kompasiana.com /penghijauan/2012/03/15/membudayakan-sekolah-hijau/

 
UNTUK VERSI LENGKAP (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605





0 Response to "Makalah Tentang Taman Sekolah (Contoh 1)"

Posting Komentar