Makalah Pengaruh Gadget Terhadap Pelajar
KATA PENGANTAR
Syukur alhamdulillah, merupakan satu kata yang sangat pantas
saya ucakan kepada Allah SWT, yang karena bimbingan-Nya maka saya bisa
menyelesaikan sebuah makalah sosiologi berjudul “ Pengaruh Gadget Bagi
Pelajar”. Makalah ini dibuat dengan berbagai observasi dalam jangka waktu
tertentu sehingga menghasilkan makalah yang bisa dipertanggungjawabkan
hasilnya. Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang telah membantu
saya dalam menghadapi berbagai tantangan dalam penyusunan makalah ini.
Saya menyadari bahwa masih sangat banyak kekurangan yang
mendasar pada makalah ini. Oleh karna itu saya mengundang pembaca untuk memberikan
kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu pengetahuan ini.
Terima
kasih, dan semoga makalah ini bisa memberikan manfaat positif bagi kita semua
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................... 1
1.1.Latar Belakang Masalah.................................................................................... 1
1.2.Tujuan Penulisan .............................................................................................. 1
1.3. Rumusan Masalah............................................................................................ 1
1.4.Manfaat Penulisan ............................................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN................................................................................................. 3
3.1 Pengertian Gadget............................................................................................. 3
3.2 Jenis – Jenis Gadget.......................................................................................... 3
3.3 Sejarah Gadget................................................................................................. 4
3.4 Perkembangan Teknologi di Indonesia............................................................... 5
3.5 Proses Masuknya Gadget di Kalangan Remaja.................................................. 6
3.6 Penyebab Penyalahgunaan Gadget..................................................................... 7
3.7 Dampak Perkembangan Gadget ....................................................................... 8
3.8 Pengaruh positif dari perkebangan gadget.......................................................... 9
3.9 Pencegahan dan Penanggulangan
Penyalahgunaan Gadget.................................. 10
BAB III PENUTUP......................................................................................................... 11
3.1 Kesimpulan....................................................................................................... 11
3.2 Saran................................................................................................................ 11
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Berabad-abad
lamanya manusia hidup dalam kebodohan, hidup dalam keterbelakangan akan
ilmu pengetahuan, beberapa negara di dunia telah membuktikan eksistensinya
dalam berbagai aspek kehidupan, terutama di Negara – Negara maju telah
membuktikan keberhasilan dalam membuka dan mengemukakan hal yang tidak ada
sebelumnya yaitu di bidang ilmu pengetahuan, Bangsa barat menduduki urutan
pertama dalam kemajuan di bidang ilmu pengetahuan terutama kemajuan teknolgi,
dengan banyak di temukan dan di ciptakan hal-hal yang menunjang kehidupan
dengan demikian ilmu-ilmu lain pun tebuka dengan sendirinya. Perubahan ini
pun tejadi secara perlahan tapi pasti.
Saat
ini telah kita rasakan arus globalisasi yang tidak terkendali, Budaya
barat masuk dengan sendirinya kedalam negeri, budaya barat telah menggeser
posisi segala bidang atau aspek kehidupan di Negara kita ini, kini telah di
rasakan negeri ini banyak kehilangan budaya atau pun adat istiadat akibat
globalisasi dari perkembangan teknolgi yang berubah secara perlahan . Sehingga
manusia tidak sadar akan dampak globalisasi sehingga manusia hidup dengan
ketidaktahuannya.
1.2
Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud gadget, manfaat
gadget untuk kehidupan, dan latar belakang perkembangan gadget di Indonesia.
2. Bagaimana proses masuknya gadget di
kalangan pelajar, penyebab penyalahgunaan gadget
3.
Dampak dari perkembangan gadget
1.3
Tujuan Penulisan
Sebuah
makalah ini ingin mengungkap dan membuktikan, agar manusia terutama di kalangan
pelajar lebih waspada dalam menghadapi perkembangan tekhnogi. Berhati-hati dan
bersikap profesinal dalam menghadapi kehidupan, Banyak orang yang salah fungsi
dalam menggunakan Gadget yang hari demi hari selalu tampil dengan inovatif yang
bisa membuat orang yang melihatnya tertarik. Di desain dengan semaksimal
mungkin sehingga manusia tidak bosan untuk melihat sekaligus meggunakannya,
tetapi kesalahanya mereka tidak tahu akan fungsi gadget yang sebenarnya.
Pahami
hidup ini dengan ilmu. Karena ilmu yang telah menciptakan perkembangan itu
sendiri, ilmu yang telah mengajak manusia untuk hidup lebih praktis. Dan dengan
ilmu juga manusia bisa membatasi arus globalisasi ini terutama di bidang
teknolgi. Dengan di buatnya makalah ini membantu kita untuk mengetahui ilmu
perkembangan zaman. Karena banyak orang yang sudah menjalani tetapi tidak
mengerti akan fungsi dan tujuan sebuah gadget sebenarnya. Tujuan penulisan yang
paling utama adalah :
1.
Untuk memberikan informasi tentang Gadget.
2.
Untuk memberikan informasi akan penggunaan Gadget.
3.
Untuk memberikan informasi tentang dampak positif dan negaif
dari perkembangan Gadget.
4.
Untuk engingatkan para pengguna Gadget agar selalu waspada.
1.4
Manfaat Penulisan
1. Menambah wawasan tentang gadget
2. Menambah ilmu kepada pembaca tentang
makalah ini
3.
Memberikan hal menarik untuk penulis dan pembaca
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Gadget
a.
Definisi Gadget Menurut Wikipedia
Gadget
(Bahasa Indonesia: acang) adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris
untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi
praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang
baru. Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat elektronik
yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Contohnya: komputer,
handphone, game konsole, dan lainnya
b.
Definisi Gadget Menurut Halayak
Gadget
adalah sebuah obyek (alat atau barang elektronik) teknologi besar yang memilki
fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang
baru. Gadget selalu diartikan lebih tidak biasa atau didesain secara lebih
pintar dibandingkan dengan teknologi normal pada masa penemuannya. Gadget
kadang juga disebut dengan gizmos.
2.2
Jenis – Jenis Gadget
ü Gadget USB
USB juga termasuk
gadget. Gadget ini sangat berguna bagi para pelajar, mahasiswa ataupun
karyawan. Contoh konkrit dari USB ini adalah flash disk.
ü Gadget Musik
Gadget musik adalah
gadget yang hampir dimiliki oleh setiap kalangan. Contoh gadget musik adalah
MP3 player, speaker atau mungkin handphone .
Model handphone
sekarang memang sudah canggih. Fitur musik di dalam handphone bukan hal yang
baru lagi.
ü Gadget Foto
Sesuai namanya,
gadget foto adalah gadget yang berguna untuk mengambil foto. Gadget ini
dilengkapi dengan teknologi tinggi sehingga hasil jepretannya hampir bisa
menyerupai aslinya.
ü Gadget Pintar
Sesuai dengan namanya, gadget ini memang
pintar. Mereka bis mengerjakan apapun. Handphone , iphone, smartphone, laptop
atau kompter merupakan salah satu anggota gadget ini.
2.3
Sejarah Gadget
Nama gadget sendiri sebenarnya berasal
dari lelucon. Di abad 19, bukti Anekdot dari asal mula penggunaan istilah
gadget terdapat dalam Kamus Inggris Oxford. Istilah gadget ini digunakan
sebagai istilah pengganti untuk menyebutkan sebuah benda yang digunakan oleh
seseorang dengan daya ingat rendah pada 1850-an.
Secara etimologi, kata gadget ini
artinya sengketa. Menurut cerita, asal usul nama gadget juga diciptakan ketika
tiga orang sedang melakukan sebuah pembangunan besar. Mereka adalah Gaget,
Gauthier, dan Cie. Pembangunan besar yang mereka lakukan adalah pembangunan
patung Liberty pada tahun 1886.
Versi lain kemudian banyak bermunculan.
Cerita lain mengenai asal usul kata gadget datang dari peristiwa Perang Dunia
I. Gadget digunakan dalam bahasa kemiliteran terutama bagi angkatan laut.
Kata gadget sering muncul dalam buku
yang ditulis oleh Vivian Drake berjudul “Above the Battle” yang diterbitkan
pada 1918.Dalam buku itu tertulis sebuah kutipan seperti ini “Our ennui was
occasionally relieved by new gadgets. Gadget is the Flyng slang for invention!
Some gadgets were good, some comic and some extraordinary”. Pada saat ini
istilah gadget berkonotasi sebuah kekompakan dan mobilitas.
Sumber lain mengutip derivasi dari
Perancis gâchette yang telah diterapkan pada berbagai potongan mekanisme
menembak, atau gagée Perancis, alat kecil atau aksesori.
Para Oktober 1918 isu Catatan dan
Pertanyaan berisi entri multi-artikel tentang “gadget” kata (12 S. iv. 187). H.
Tapley-Soper dari Perpustakaan Kota, Exeter, menulis:
Sebuah diskusi muncul pada pertemuan
Plymouth dari Asosiasi Devonshire pada tahun 1916 ketika ia menyarankan bahwa
kata ini harus dicatat dalam daftar provincialisms lisan setempat. Beberapa
anggota berbeda pendapat dari dimasukkannya dengan alasan bahwa itu adalah umum
digunakan di seluruh negeri, dan seorang perwira angkatan laut yang hadir
mengatakan bahwa telah bertahun-tahun menjadi ekspresi populer di layanan untuk
alat atau melaksanakan, nama yang tepat dari yang tidak diketahui atau telah
untuk sementara dilupakan. Saya juga sering mendengarnya diterapkan dengan
menggunakan sepeda motor teman untuk koleksi perlengkapan untuk dilihat pada
sepeda motor. ‘Nya pegangan-bar disiram gadget’ mengacu pada hal-hal seperti
spedometer, cermin, tuas, lencana, maskot, & c, yang melekat pada kemudi.
Menangani. ‘menyulap’ atau pendek sisanya digunakan dalam biliar juga sering
disebut ‘gadget’, dan nama telah diterapkan oleh platelayers lokal ke
‘mengukur’ digunakan untuk menguji akurasi dari pekerjaan mereka. Bahkan,
meminjam dari masa kini Tentara gaul, ‘gadget’ diaplikasikan untuk ‘hal lama. “
Hingga 1956 istilah gadget terus
diperbincangkan. Sebuah esai berjudul “The Great Gizmo” yang ditulis oleh
seorang kritikus arsitektur bernama Reyner Banham, mendefinisikan istilah
gadget sebagai benda dengan karakteristik unik memiliki sebuah unit dengan
kinerja yang ting dan berhubungan dengan ukuran serta biaya.
Fungsi gadget adalah untuk mengubah
sesuatu menjadi hal yang dibutuhkan oleh manusia. Masih menurut esai tersebut,
gadget hanya bisa digunakan dengan kemampuan instalansi dan penggunaan yang
handal.
2.4
Perkembangan Teknologi di Indonesia
Berbicara tentang gadget tidak lepas
dari kata teknologi. Termasuk perkembangan teknologi di Indonesia sendiri.
Teknologi sejak PELITA I teknologi berupa siaran radio dan televisi telah
diprogramkan. Memang sarana dan prasarana pada waktu itu belum ada atau belum
memadai, namun dengan perkembangan teknologi siaran, seperti siaran langsung
dari satelit dan pemancar ulang berdaya rendah, telah memungkinkan dicapainya
seluruh pelosok tanah air.
Teknologi ini terus berkembang sampai
dengan PELITA berikutnya, yang kemudian berkembang dengan munculnya televisi
swasta dan jaringan televisi siaran lokal.
ü Satelit Komunikasi Sejak tahun 1976,
Indonesia telah memasuki era informasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA
I. Sistem satelit komunikasi ini merupakan kebutuhan yang unik bagi Indonesia,
karena keadaan dan letak geografisnya. Dasar pertimbangan pengembangan sistem
ini adalah untuk keperluan pendidikan, penerangan, hiburan, pemerintahan,
bisnis, pertahanan keamanan, dan perindustrian.
ü Komputer Perkembangan perangkat keras
komputer berlangsung sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar,
kecepatan operasinya juga semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu
microprocessor komputer mampu mengakses memori dengan kecepatan perjutaan
detik, maka saat ini kecepatannya sudah dihitung dengan permiiliar (nano)
detik. Komputer meja atau personal computer saat ini sudah tidak dipandang
sebagai barang mewah lagi, melainkan sebagai suatu kebutuhan yang esensial
untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh dikatakan tidak ada satu kantorpun yang
tidak memiliki dan mengoperasikan komputer.
ü Teknologi Video (Perekam Video)
Perkembangan dalam teknolofi video sejalan dengan perkembangan komunikasi dan
komputer, meskipun orientasi utamanya adalah untuk keperluan hiburan.Dari dulu
sejak sebelum maraknya penggunaan TI dan TK dalam kehidupan dan dalam bidang
pendidikan pada khususnya, para ahli telah mengungkapkan ramalannya tentang
penggunaan TI dan TK ini. Berikut ini kita bahas beberapa ramalan para ahli
tersebut. “Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia
pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang
lebih terbuka” (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis
proyek “Flexible Learning”.
ü Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan
Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling
Socieiy),” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan. Bishop G. (1989)
meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (flexible),
terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang
faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R. (1994)
berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan
informasi yang memungkinkan berinteraksi. Dari saalah teknologi mulai
berkembang dan semua jenis gadget di ciptakan jadi, lebih dasarnya perkembangan
gadget di pengaruhi oleh perkembangan Internet.
2.5
Proses Masuknya Gadget di Kalangan
Remaja
Proses masuknya gadget di kalangan
remaja dengan berbagai faktor, Saat ini Perkembangan Dunia Teknologi
peranti lunak sudah menembus sampai ke tingkat pedesaan, hal ini merupakan
sebuah kemajuan khususnya di bidang Teknlogi Informasi. Penduduk didaerah
pedesaan sangat banyak memakai Smarphone, android , I-Pad, Laptop dan lan
sebagainya. Sehingga memudahkan mengakses dunia Informasi.
Bandingkan, pada masa lalu Instrumen
semacam itu hanya dimiliki oleh kalangan menengah keatas dan hanya di kawasan
Kota-kota besar, Dapat dikatakan orang desa sangat jarang memiliki Gadget
sehingga kemajuan meninggalkan mereka. Baik ketinggalan Informasi, perkembangan
cakrawala, dan ketinggalan berita peristiwa yang terjadi didaerah lain dan
belahan bumi lainnya.
Gadget masuk di kalangan remaja dengan
perlahan dan tidak disadari oleh remaja yang menjadi korban perkembangan
gadget, alasan yang sangat klasik dari seseorang yang di wawancarai seputar
perkembangan gadget yang marak di kalangan remaja, Menurutnya gadget bukan
hanya sebagai wahana atau media komunikasi tapi di jadikan sebagai ajang
bergangsi yang menuntut semua remaja untuk selalu mengikuti tren baru dari
maraknya gadget atau gadget di jadokan sebagai life style yang
menyebabakan kesenjangan ssial terjadi di kalangan ekonomi bawah,menengah,dan
ekonomi atas.
2.6
Penyebab Penyalahgunaan Gadget
Di zaman yang sudah modern ini banyak
sekali orang memiliki alat komunikasi canggih atau smartphone. Semua usia dari
orang dewasa hingga anak-anak mempunyai smartphone, hal ini berarti banyak
siswa yang membawa gadget ke sekolah seiring dengan maraknya pengguna gadget.
Inipun berdampak pada masalah di sekolah, karena rasa ingin tahu remaja yang
tinggi tak sedikit pelajar memanfaatkan gadget ke hal negatif.
Tak sedikit pelajar yang
menyalahgunakan kecanggihan gadget, yang seharusnya dapat dimanfaatkan
semaksimal mungkin untuk mempermudah informasi yang mereka butuhkan.
"Sebagai contoh beberapa bulan yang lalu yang saya lihat di berita, bahwa
seorang siswa menawari teman-teman sekolahnya kepada lelaki hidung belang
dengan menggunakan salahsatu aplikasi yang ada di gadget. Kasus baru-baru ini
juga tidak kalah memprihatinkan, yaitu dua orang siswa kedapatan membuat video
mesum dan itu menandakan bahwa siswa bisa berbuat apapun dengan gadget,
termasuk melakukan hal-hal negatif yang tidak sepatutnya dilakukan oleh
pelajar," ujar Keukeu Dewi Partiyani, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris
UNSIKA, kemarin.
Beberapa sekolah di kota-kota besar
sudah memberlakukan aturan dilarang membawa gadget ke sekolah, untuk
mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai gantinya siswa akan
mendapatkan fasilitas internet dari sekolah yang dinilai lebih aman dan
terawasi, dan bagi orang tua yang mau telepon anaknya tidak usah telepon
langsung, bisa telepon ke pihak sekolah. Terkait sanksi bagi siswa yang kedapatan
membawa gadget, haruslah tegas. Karena jika tidak, siswa hanya menganggap
peraturan itu secara sepele saja atau bahkan tidak menganggap peraturan itu
ada. Walaupun kesannya agak berlebihan, namun ini semua demi kebaikan siswa itu
sendiri agar tidak ada masalah yang akan berdampak pada proses belajar.
Terlebih lagi dengan tidak membawa gadget, siswa akan lebih berkonsentrasi
untuk mengikuti pelajaran-pelajaran di sekolah.
2.7
Dampak Perkembangan Gadget
Dengan berkembangnya gadget di semua
kalangan terutama dikalangan remaja mengakibatkan banyaknya kerugian dari segi
kehidupan, seperti dampak penggunaan gadget terhadap kesehatan, hilangnya
budaya akibat maraknya gadget, sosialisasi tidak sempurna dan banyak orang yang
merugi akibat penipuan dan lain lain. Berikut ini beberapa kerugian dari
perkembangan gadget :
1. Segi kesehatan
a. Peningkatan resiko kanker dari
penggunaan ponsel karena radiasi yang di berikan.
b. Penggunaan ponsel lebih dari 30 menit
bisa mengakibatkan ketulian (acoustik neourema).
c. Penggunanaan cahaya atau
pencerahan maksimal secara berkala pada ponsel,komputer, tablet dan lain bisa
mengakibatkan perih pada mata dan lebih parahnya bisa menimbulkan rabun dekat.
2. Segi budaya
a. Lunturnya adat atau kebiasaan yang
berlaku di daerah tersebut krena kesibukan menggunakan gadget.
b. Masuknya budayabarat secara perlahan
tanpa adanya filterasi dari mereka yang mengikuti.
c. Hilangnya rasa nasionalisme dan lebih
cinta pada prodak asing.
3. Segi sosial
a. Cenderung autis atau asyik dengan
gadgetnya sendiri sehingga tidak memperhatikan hal-hal yang ada disekitarnya.
b. Cenderung tidak bisa mengkontrol diri
sendiri akibat sosialisasi yang terjadi secara tidak langgsung
c. Lebih banyak konflik yang terjadi dan
tidak ada upaya untuk menyelesaikan masalah.
d. Cenderung cepat bosan ketika ada orang
yang measehati.
e. Banyak mengeluh ketika sbanyak masalah.
f.
Egois tidak tekendali
g. Orang-orang disekitanya selelu
dijadikan korban kemarahannya.
h. Orang yang yang banyak bergaul dengan
gadget hidupnya sedikit tidak teratur.
4. Segi ekonomi
Banyak
terjadi kerugian akibat perkembangan gadget di bidang ekonomi seperti adanya
atau banyaknya penipuan, keuangan tidak stabil di setiap keluarga akibat harus
memenuhi keinginan anaknya membeli gadget terbaru. Dan masih banyak lagi
kerugian yang diakibatkan oleh perkembangan gadget tenpa di idasari dari segi
keilmuan.
2.8
Pengaruh positif dari perkebangan
gadget
Dengan perkembangan gadget yang begitu
cepat dan tidak terkendali sehingga banyaknya sisi negatif yang di timbulkan
seperti yang telah di kemukakan di atas, di sisi lain tidak hanya dampak
negatif saja yang di timbulkan tetapi ada sisi positif yang di timbulkan dari
perkembangan gadget, seperti berikut ini :
1. Komunikasi menjadi lebih praktis.
2. Anak yang bergaul dengan dunia gadget
cenderung lebih kreatif
3. Mudahnya melakukan akses ke luar
negeri.
4. Manusia menjai lebih pintar berinovasi
akibat perkembangan gadget yang menuntut mereka untuk hidup lebih
baik.
2.9
Pencegahan dan Penanggulangan
Penyalahgunaan Gadget
Peran orang tua sangatlah penting dalam
perkembangan teknologi. Gadget pun menjadi alternative pilihan agar memudahkan
komunikasi orangtua antar anak. Peran orang tua untuk mencegah ataupun
menanggulangi penyalahgunaan gadget sangat besar. Sebagai orangtua harus member
arahan bagaimana seharusnya gadget di fungsikan. Dengan memberikan edukasi atau
wawasan terhadap anak akan memperkecil kemungkinan terjadinya penyalahgunaan
gadget.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Pelajar zaman sekarang sudah tidak
asing lagi dengan gadget. Mereka menggunakan gadget untuk komunikasi, internet,
game, mendengarkan musik,dan melihat gambar ataupun video. Alasan pelajar
selalu menggunakan gadget dalam aktivitasnya adalah karena gadget merupakan alat
komunikasi maupun alat pencari informasi yang paling mudah, praktis, dan cepat.
Manfaat gadget bagi pelajar adalah untuk mempermudah komunikasi, mendapatkan
informasi, mencari hiburan serta mempermudah dalam mengerjakan tugas-tugas
sekolah.
Gadget telah menjadi bagian dari
kehidupan pelajar, sehingga keberadaan gadget menyebabkan adanya dampak positif
maupun negatif. Dampak positif dari gadget adalah mempermudah dalam pencarian
informasi dan komunikasi, selain itu, dapat menjadikan pelajar tidak gagap teknologi.
Adapun dampak negatifnya, yaitu mengganggu belajar siswa, berakibat buruk pada
perilaku,kesehatan, dan sikap siswa, serta mengakibatkan pemborosan. Untuk itu
sangat diperlukan pembatasan serta arahan dari orang tua dalam menggunakan
gadget.
3.2
Saran
1. Diharapkan kepada pelajar untuk
menggunakan nalar dan pikirannya dalam memanfaatkan hanphone.
2. Sebaiknya pelajar menggunakan gadget
seperlunya dan penggunaannya sesuai dengan kondisi agar dampak buruk dari
gadget tidak terjadi.
3. Pihak orangtua sebaiknya selalu
mengontrol anaknya dalam menggunakan gadget.
4. Pihak guru sebaiknya tidak mengijinkan
murid menggunakan gadget saat jam pelajaran,
5. Pihak sekolah hendaknya tidak
mengijinkan siswanya menghidupkan gadget saat jam belajar.
DAFTAR PUSTAKA
htpp//duniagadget.co.id
www.definisi//wikipedia/gadget.com
www.kumpulan
artikelteknologi.com
http//teknologiindonesia.co.id
http.
Wikipedia.com
http//kemajuanteknologi.co.id
http://blackalpha5.blogspot.com/2014/03/dampak-gadget-di.html
UNTUK VERSI SOFTCOPY (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605
HARGA BERSAHABAT
0 Response to "Makalah Pengaruh Gadget Terhadap Pelajar"
Posting Komentar