SASIS MARCEDEZ Tipe OH-1626, OH-1830, OH-1836
Selasa 7 Juni 2011, untuk
pertama kalinya chassis OH-1626 dipamerkan didepan para pengusaha PO dipabrik
Mercedes-Benz Indonesia Wanaherang - Gunung Putri Bogor. Dari pihak
Mercedes-Benz diwakili oleh marketing MBIna divisi Bis, dua orang bule dari
Mercedes-Benz International dan para engineer MBIna yang terkait dengan proses
pengembangan dan produksi OH-1626.
Sebelum melihat langsung
chassisnya, saya sempat menyangka OH-1626 akan sama persis dengan OH-1526
kecuali beda suspensinya. Dengan kata lain, perkiraan saya OH-1626 adalah
OH-1526 yang diberi airsuspension. Ternyata dugaan saya salah besar. Chassis
OH-1626 dari segi typenya memang sama dengan chassis OH-1526, sama-sama memakai
type "Ladder frame with a rear lower module fastened by screw"
atau chassis ladder frame yang pada bagian modul belakang (engine compartement)
dibuat lebih rendah dari chassis utama dan disambung dengan baut. http://www.warnetgadis.com
OH-1830
OH 1830 keluaran terbaru dari Mercedes-Benz yang saat ini sedang tenar-tenarnya,
tidak cuma di kalangan pengusaha bus tetapi juga para fans penggemar bus.
Chassis ini memang beda dengan Chassis-chassis sebelumnya. paling mencolok
adalah penggunaan teknologi frame space, dengan teknologi ini
menggantikan model chassis konvensional pada umum yang menggunakan besi besar
atau ladder frame.
Spesifikasi
Teknis OH-1830
Sumber : PT. Mercedes-Benz Indonesia
Engine : OM926LA Euro III
Type : 6 Cylinder in line
Power max : 300 hp/2200rpm
Torque max : 1200nm/1400rpm
Dispacement : 7201cm3
Transmission : ZF S6-1550 6 speed
Suspension : air suspension
Steering : ZF 8098
Tyres : 8.25 x 22.5
Engine : OM926LA Euro III
Type : 6 Cylinder in line
Power max : 300 hp/2200rpm
Torque max : 1200nm/1400rpm
Dispacement : 7201cm3
Transmission : ZF S6-1550 6 speed
Suspension : air suspension
Steering : ZF 8098
Tyres : 8.25 x 22.5
Chassis ini terdiri dari 2 modul, front modul (driver
compartement dan front axel) dan rear modul (rear axel dan engine
compartement). Engine OH 1830 keluar dari ATPM di hubungkan dengan sebuah
chassis sementara yang pendek untuk pengiriman ke karoseri-karoseri, tetapi
sesampainya di karoseri akan di lepas menjadi 2 bagian, Kemudian Chassis akan
di rancang dan di buat oleh karoseri dengan standart material chassis yang di
awasi langsung dari pihak Mercy.
Chassis space frame di bangun menggunakan pipa-pipa kotak
(Bahan Material recomendasi dari Mercy) yang bertujuan untuk memberikan ruang
bagasi yang ekstra besar, sehingga sangat cocok untuk bus pariwisata atau bis
antar propinsi dimana penumpang sering membawa barang bawaan yang banyak.
OH-1836
Kemajuan taransportasi di Indonesia membuat sejumlah
pabrikan chassis mengembangkan produk tipe-tipe terbaru untuk bersaing di
industri transportasi di Indonesia. Salah satu pabrik yang gencar mengembangkan
mesin terbarunya yaitu PT Mercedez Benz Indonesia. Berdasarkan informasi yang
diperoleh redaksi, pada tahun 2010-2011 PT. MBI sukses meluncurkan tipe OH 1525
dan OH 1526 dan pada tahun 2012 ini sukses meluncurkan tipe OH 1626 dan OH
1830. Berbeda dengan tipe sebelumnya tipe OH 1626 dan OH 1830 merupakan chasiss
mercedez benz yang menggunakan suspense udara yang pertama kali dipasarkan di
Indonesia dan mempunyai spesifikasi 260 HP untuk OH 1626 dan 300 HP untuk OH
1830.
Setelah tipe OH 1626 dan OH 1830 di launching, penjualan
dipasaran responnya cukup bagus terbukti banyak Perusahaan Otobus ternama sudah
memakai produk tersebut. Namun di sisi lain mungkin OH 1626 dan OH 1830 masih
terdapat kelemahan karena masih tahap pengembangan. Berdasarkan informasi yang
redaksi peroleh kelemahan tersebut salah satunya pada air suspensinya yang
belum ada panel otomatis sehingga pengaturan air suspensinya masih bersifat
manual.
UNTUK VERSI LENGKAP (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605
0 Response to "SASIS MARCEDEZ Tipe OH-1626, OH-1830, OH-1836"
Posting Komentar