Materi Perkembangan Islam pada Masa Modern
A. Sekilas Tentang Dunia Islam
Pada Masa Modern
Masa pembaharuan (Modern)
bagi dunia islam adalah masa yang dimula dar tahun 1800M sampai sekarang. Masa
pembaharuan ditandai dengan adanya kesadaran umat islam terhadap kelemahan
dirinya dan adanya dorongan untuk memperoleh kemajuan dalam berbagai bidang,
khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pada awal masa pembaharuan
, kondisi islam secara politis berbeda di bawah penetrasi kolonialisme. Baru
pada pertengahan abad ke-20 M dunia islam bangkit memerdekakan negaranya dari
penjajahan bangsa barat (Eropa).
Diantara Negara-negara
islam atau Negara-negara penduduk mayoritas umat islam, yang memerdekakan
dirinya dar penjajahan seperti:
-
Indonesia, memperoleh kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1947.
-
Pakistan pada tanggal 15 Agustus 1947.
-
Mesir secara pormal memperoleh kemerdekaan dari Inggris tahun 1922
M. namun mesir baru merasa benar-benar merdeka pada tanggal 23 Juli 1952. yakni
setelah jamal Abdul Nasir menjadi penguasa. Karena dapat menggulingkan raja
Faruq yang dalam masa pemerintahannya pengaruh inggris sangat besar.
-
Irak merdeka secara pormal dari penjajah inggris tahun 1932M,
tetapi sebenarnya baru benar-benar merdeka tahun 1958M,.
-
Syira dan Libanon merdeka dari penjajah prancis tahun 1946M.
-
Beberapa Negara di Afrika merdeka dar Negara prancis, seperti
Lybia tahun 1951M, Sudan dan maroko tahun 1956M, dan Aljazair tahun 1962M.
-
Di Asia tenggara Negara-negara yang berpenduduk mayoritas Islam,
yang merdeka dari penjajah inggris adalah Malaysia tahun 1957 M, dan Brunei
Darussalam tahun 1984 M.
-
Di Asia Tengah, Negara-negara yang merdeka dari Uni Soviet tahun
1992M. adalahUzbekistan, Kirghstan, Kazakhtan, dan Azerbaijan.
Sedangkan Bosnia merdeka
dar penjajah Yogoslavia juga tahun 1992 M.
B.
PERKEMBANGAN AJARAN ISLAM PADA MASA MODERN
Menjelang dan pada masa awal-awal pembaharuan
yaitu sebelum dan sesudah tahun 1800M. umat islam diberbagai Negara telah
menyimpang dari ajaran islam yang bersumber kepada Al-Qur’an dan Hadis.
Penyimpangan itu tedapat dalam hal:
-
Ajaran Islam tentang ketauhidan telah tercampur dengan
kemaksatan.hal n ditandai dengan banyaknya umat Ialam yang selain menyembah
Allah SWT juga menyembah makam yang dianggap keramat dan meminta tolong dalam
urusan gaib kepada dukun-dukun dan orang yang dianggap sakti. Selain itu juga
kelompok umat Islam yang mengkulcuskan dan beranggapan bahwa sultan
adalah orang suci yang segala perintahnya di taat.
-
Adanya kelompok umat Islam yang selama hidup didunia ini hanya
mementngkan urusan akhirat dan meninggalkan dunia. Mereka beranggapan bahwa
memiliki harta benda yang banyak, kedudukan yang tinggi, dan Ilmu tentang
pengetahuan dunia adalah tdak perlu. Karena hdup ddunia ini cumin sebentar dan
sementara, sedangkan hidup di akhirat bersifat kekel dan abadi. Selan itu,
banyak umat Islam yang menganut paham fatalisme, yaitu paham yang mengharuskan
berserah dir kepada nasib dan tdak perlu berikhtiar, karena hidup manusia
dikuasai dan dikendalikan oleh nasib.
Penympangan-
penympangan umat slam terhadap ajaran agamanya seperti tersebut,
mendorong lahrnya para tokoh pembaharu, yang berusaha menyadarkan umat islam
agar kembali kepada ajaran Islam yang benar, yang bersumber kepada Al-Qur’an
dan As-Sunnah (hadis). Tokoh-tokoh pembaharu yang dimaksud antara lain:
1. Muhammad bin Abdul Wahhab lahir di Nejd (Arab Saudi) pada tahun 1115 H (1703 M)
dan wafat di Daryah tahun 1201H (1787M). Muhammad bin Abdul Wahhap adalah
seorang ulama besar yang froduktif, karena buku-buku karangannya tentang Islam,
memcapai puluhan judul. Diantara buku-bukunya berjudul “ Kitap At-Tauhid “ yang
isinya antara lain tentang pemberantasan syrk, khurafat, dan bd’ah yang
terdapat dkalangan umat Islam dan mengajak umat Islam agar kembali kepada ajaran
tauhid yang murni. Para pengkut Muhammad bin Abdul Wahhap menamakan
kelompoknya denggan “Al-Muwahhidun” atau “Al- Muslimun” yang artinya kelompok
yang berusaha mengesahkan Allah SWT semurni-murninya. Gerakan pemurnian ajaran
Islam yang dilakukan oleh para pengkut Muahammad bin Abdul Wahhap ini dinamakan
juga gerakan “Wahabi”.
2. Rafa’ah Badawi Rafi’ At-Tahtawi, atau At- Tahtaw. Lahir da tahta pada tahun
1801 M dan mennggal di mesir. Pemikrannya yang berkaitan dengan ajran Islam,
antara lain, beliau menyuruh agar umat islam dalam hdup didunia ini tdak hanya
mementingkan urusan akhirat. Tetapi juga harus mementingkan urusan dunia, agar
umat Islam tdak djajah oleh bangsa lain.
3. Jamaluddin Al-Afghani, lahir di Asadabad tahun 1838M dan wafat
di Istanbul tahun 1897M. di antara pembaharuan yang
muncul kan beliau adalah:
-
agar kejayaan umat Islam dapat diraih kembali dan mamapu
menghadapi dunia modern, umat slam harus kmbali kepada ajaran agamanya yang
murni dan harus memaham Islam dengan rasio dan kebebasan.
-
Jamaluddin mengngnkan agar kaum wanta juga meraih kemajuan dan
bekerja sama dengan pra untuk mewujudkan masyarakat Islam yang dinamis dan
maju.
-
Kepemimpinan otokrasi hendaknya diubah menjadi demokrasi. Menurut
pendapatnya, Islam menghendaki pemerintahan repoblik yang didalamnya terdapat
kebebasan memukakan pendapat dan kewajban Negara untuk tunduk kepada
undang-undang.
-
Ajarannya tentang Pan-Islamisme yakni persatuan dan kerjasama
seluruh umat islam harus diwujudkan. Karena persatuan dan kerja sama seluruh umat
Islam sangat pentng dan diatas segalanya.
Pada masa pembaharuan
jumlah penduduk beragama Islam berkembang terus kepelosok dunia. Penduduk
muslim terbanyak berada dibenua Asiadan Afrika. Mengacu kepada penduduk
tahun 1991M Negara-negara yang penduduk muslimnya lebh dari 90% adalah
Mauritania, sahara barat, maroko, aljazair, Tunisia, libia, mesir, Somalia,
turki, irak, yordania, arab Saudi, yaman, oman, Qatar, Bahrain, iran,
afganisthan,dan Pakistan.
Sedangkan Negara-negara
yang jujmlah umat Islamnya mencapai 50-90% adalah Tanzania (Afrika),
turkemenistan, Uzbekistan, krighistan, Tazikistan, bagladesh, Malaysia
Singapura, Indonesia, Brunei, difilipina. Negara-negara yang umat Islamnya
10-50% antara lain seperti Guinea (Afrka), Albania, Suriah, India,
Cina, dan Myanmar.
Untuk mengikat
Negara-negara Islam di dunia, pada nbulan Zulhijjah tahun 1381 H (mei 1962),
telah didrikan Rabithah Al-Alam Al- Islami ( muslim warld league atau lga duna
Islam) sebuah organsasi Islam internasiaonal non pemerintah yang tidak berpihak
kepada suatu partai atau golongan dan mewakli umat Islam sedunia. Ligas duna
Islam ini berkantor pusat di Mekah (Saudi Arabia), sedangkan kantor
perwaklannya tersebat di seluruh duna, seperti Indonesa,
Amerika, Kanada, Denmark, Malaysia, dan Prancis.
Dibenua Eropa, dalam Conference
of Islamc Cultural Centre and Organization. Of Europe(konferensi
pusat kebudayaan dan organsasi Islam eropa). Di Lanon pada bulan Mei 1973,
dengan dprakasai oleh secretariat Islam di Jeddah telah ddrkan dewan Islam
Eropa, yang bertujuan untuk mengorgansr dan memajukan usaha-usah dakwah
Islamah.
C. PERKEMBANGAN ILMU
PENGETAHUAN PADA MASA MODERN
Pada masa pembaharuan,
perkembangan ilmu pemgetahuan mengalam kemajuan. Hal ini dapat dlihat
diberbagai Negara, seperti Turki, India dan Mesir. Sultan
Muhammad II (1785-1839 M) dari kesultanan Turki Usmani, melakukan berbagai
usaha agar umat Islam dinegaranya dapat menguasai Ilmu pengetahuan dan
teknologi. Usah-usaha tersebut seperti:
1. melakukan modernsasi
dibdang penddkan dan pengajaran, dengan memasukan kurkulum pengetahuan umum
kepada lembaga-lembaga Islam (madrasah).
2.
mendirkan lembaga penddkan “Mektebi Ma’arif”, untuk mencetak
tenagah-tenaga asli dibdang administrasi, juga membangun lembaga “Mektebi Ulumi
Edebiyet”, untuk menyediakan tenaga-tenaga ahli dibdang penterjamaah.
3.
mendrkan perguruan-perguruan tngg dibidang kedokteran, milter, dan
teknologi.
Setelah kesultanan Turki
dihapuskan pda tanggal 1 November 1923M, dan Turk diproklamirkan sebagai Negara
berbentuk repoblik dengan presden pertamanya Mustafa kemal At-Turk, pendri Turk
modern (1881-1938 M), maka kemajuan turk dbdang pengetahuan dan teknolog terus
mengembang. Di India ketika dijajah Inggris, telah bermunculan para
cendikawan muslim berpikran modern, yang melakukan usaha-usaha agar umat Islam
mapu menguasai Ilmu pengetahuan dan teknologi., sehngga dapat melepasan diri
dari belenggu penjajah. Parta cendkawan dimaksud deperti Syah Waliyullah
(1730-1762 M), Muhammad Iqbal (1873-1938M), Sayid Ahmad Khan (1817-1898M), Sayid
Amir Ali (1849-1928 M), Muhammad Ali Jannah (1876-1948M), dan Abdul Kalam Azad
(1888-1956 M).
Diantara cendekiawan
tersebut yang besar jasanya tehadap umat Islam di India adalah Sayid Ahmad
Khan.
Setelah Inda dan Pakstan
merdeka dari Inggris pada tahun 1947M, Umat Islam terbagi dua, ada yang masuk
ke Repoblik Islam Pakstan dan juga ada yang tetap di India sekitar 40 juta
jiwa. Umat Islam di dua Negara tersebut terus berusaha meningkatkan Ilmu pengetahuan
dan teknologi, agar kualitas hidup mereka menngkat kearah yang lebih maju.
Pada masa pembaharuan,
terutama setelah ekspansi Napoleon ke Mesir (1798M) umat Islam Mesir, Khususnya
para penguassa dan kaum cendekiawannya menyadari akan keterbelakangan mereka
dalam urusan dunia jika dibandingkan dengan bangsa-bangsa Eropa. Oleh karena
itu, mereka melakukan berbagai usaha agar menguasa berbagai ilmu pengetahuan
dan teknologi yang telah dmiliki oleh bangsa-bangsa Eropa.
Muhammad Ali, penguasa
Mesir tahun 1805-1849 M, mengirim para mahasiswa untuk mempelajari ilmu
pengetahuan dan teknologi ke Prancis. Setelah kembali ke Mesir, mereka mengajar
dberbagai perguruan tinggi, terutama di Universitas Al-Azhar. Karena yang
belajar di Universitas Al-Azhar ini bukan para mahasiswa Islam dari Mesir,
tetapi maha siswa dari berbaga Negara dan wilayahIslam. Ilmu pengetahuan dan
teknologi yang dajarakan Universitas Al-Azhar, in pun dengan cepat menyebar
keseluruh dunia Islam. Selan Unverstas Al-Azhar telah didirikan Unverstar-Universitas
lain yang didalamnya terdapat berbaga Fakultas seperti: Kedokteran, Farmasi,
Teknik, pertania, Perdagangan, Hukum, dan Sastra. Universitas yang dmaksud
adalah Universitas Iskandariyah di kotaIskandariyah, Universitas Ainusyams
(1950 M), dan Universitas Amerka yang bernama “The AmericanUniversity in Cairo (AUC), yng
didrikan bagi orang Mesir dengan tenaga pengajar dar Amerika.
D.
PERKEMBANGAN BUDAYA ISLAM PADA MASA MODERN
Kebudayaan umat Islam pada
masa pembaharuan berkembang kearah yang lebih maju. Hal ini dapat dpelajari
dari berbagai Negara Islam atau Negara yang berpenduduk mayoritas umat Islam.
Seperti Saudi Arabia,
Mesir, Irak, Iran,Kuwait, Pakstan, Malaysia, Brunei,
dan Indonesia.
1. Arsitektur
Arsitektur ada yang berfungsi melayani keagamaan, seperti Msjid,
makam, Madrasah, dan ada pula yang berfungsi melayani kepentingan sekuler,
seperti Istana, benteng, pasar, caravan serai (sejenis hotel), jalan-jalan
raya, rel-rel kereta api, dan banyak lagi lainnya.
Setelah ditemukannya lading minyak pada tahun 1933, Saudi
Arabia tdak lagi sebagai Negara miskn tetap temasuk salah satu Negara
kaya. Dengan kekayaannya yang melimpah, Saudi Arabia banyak membangun
jalanraya antar kota, jalan kereta api antar kota Riyad dengan kota Pelabuhan
Ad-Dammam dip anta teuk Persia. Juga membangun Maskapai penerbangan
Internasional ( Saudi Arabia Air Lines) di Jeddah, Zahran, dan Riyad. Dibidang
perhotelan telah dbangun hotel-hotel mewah bertaraf Internasional. Antara lain
terdapat disekitar Masjidil Haram Mekah dan Masjidil
Nabawi Madinah.
Masjidil Haram artinya masjid yang dihormati atau dimuliakan.
Masjid ini berbentuk empat persegi terletak ditengah-
tengah kota Mekah, serta merupakan masjid tertua di dunia.
Ditengah-tengah masjid itu terdapat Ka’bah, yang juga disebutBaitullah (Rumah
Allah) dan Baitul Atiq (Rumah Kemerdekaan), yagn telah
diterapkan oleh Allah SWT sebagai kiblat umat Islam dseluruh dunia dalam
mengerjakan salat. Selain itu terdapat pula HajarAswad ( batu
hitam yang terletak didinding Ka’bah), makam Ibrahim, Hijr Ismail, dan sumur
Zamzam yang terletak tdak jauh dar Ka’bah.
Keadaan Masjdil Haram pada masa Nabi Muhammad SAW masih hdup,
dengan keadaaan Msjdil Haram sekarang jauh berbeda. Pada masa Nabi SAW masih
hdup, keadaan Masjidil Haram tdak begitu luas dan bersifat sederahan. Sekarang
ini, keadaan Masjidil Haram sangat luas dan merupakanbangunan yang begitu indah
dan megah. masjdilHaram saat in berlantai empat yang untuk naik dari lanta
dasar kelanta atasnya sudah dsedakan escalator.
Masjid Nabawi adalah sebuah masjid yang megah dan indah juga
sangat luas. Kalu pada masa Nabi Muhammad SAW luas masjid Nabawi sekitar 2.500
m persegi, kini luasnya menjadi sektar 165.000 m persegi (luas
seluruh kota Madinah pada masa Rasulullah SAW). Hal in mengakibatkan
makam Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar r.a., dan Umar bin KHaththab r.a yagndulu
berada diluar masjid sekarang berada didalam amsjid. Demikan pula tempat
pemakamman umum (maqbarah) bagi yang dulu berada
dpinggir kota Madinah, sekarang berda di samping /dipnggr halaman
masjd.
Masjid Nabawi semakn indah dan megah dengan adanya sepuluh buah
menara yang menjulung tnggi, 95 buah pintu Masjid yang lebar dan indah, juga
kubah masjid yang dapat terbuka dan tertutup.
Selain tu, pada atap masjd Nabawi bagan belakang yaitu diatas
pintu Al-Majidi dari sebelah barat memanjang kearah timur, telah dibangun
tingkat dua yang dimanfaatkan untuk perkotaaan, perpustakaan, gudang,
peralatan, dan selabihnya digunakan sepagai tempat salat. Apabila jamaah
dlantai bawah terlalu padat. Perlu pula dketahui bahwa seluruh ruangan dari
lantai bawah (dasar) Masjid Nabawi sekarang n memakai pendngin ruangan (AC).
Arstektur yang berfungsi untuk melayani kepentingan agama dan
kepentngan sekuler, selain terdapat di Saudi Araba, juga terdapat dinegara
lain, terutama di Negara yang berkependudukan mayoritas Islam. Misalnya di
Turki, sekarang ini memiliki tidak kurang dari 62.000 masjid dan pembangunan
mencapai 1.500 buah per tahun. Selan itu, telah dibangun lebih dari 2.000 unit
sekolah Al-Qur’an.
Di Iran ketika Dinasti Qatar berkuasa (pada tahun
1794-1925) telah dibangun kota Teheran sebagai
bukota Iran (dibangun pada abad ke-18 M).
perkembangan kota ini sangat pesat, terutama pada masa kekuasaan
Dinasti Paahlevi (1925-1979). Sekarang in teheran meupakan salah
satu kotaterbesar di Asia. Bangunan artektur peninggalan
Dnasti Qatar antara lain:
-
Istana Niavarand, tempat kediaman Syah Muhammad Reza Pahlevi dan
keluargannya.
-
Pekuburan Behesyti Zahra’ (bahasa Persiayang artinya taman
Zahra, putri Rasulullah SAW). Pekuburan ini tepat dimakamkannya
puluhanribu syuhada (pahlawan) Revolusi Islam. Di pekuburan ini juga dmakamkan
pemimpin Revolusi Islam Ayatullah Khomaeni (wafat 1989 M).
Pada masa pembaharuan di
Irak, selain terdapat arsitektur yang berfungsi melayani keagamaan, seperti
masjd, madrasah, dan makam ,juga arsitektur yang melayani kepentingan sekuler
misalnya bangunan-bangunan industri, jalan kereta api yang menghubungkan Basrah
dan Bagdad, jalan-jalan raya yang beraspal antarkota, dua bandara Internasional
di Basrah dan Bagdad, serta dua pelabuhan Internasional di Basrah dan Um
Al-Qasar.
2. Sastra
Pada masa pembaharuan telah muncul para sastrawan yang karya-karya
sastrannya bersifat Islami diberbagai Negara, misalnya:
-
seorang sastrawan dan pemikir besar, menjelang abad ke-20 telah
lahir di Pakistan(1877-1938) yang bernama Muhammad Iqbal.Beliau
telah mengungkapkan filsafatnya dalam bentuk puisi dengan menggunakan bahsa
Urdu dan persa. Dar karya puisinya, yang penting adalah Asrari Khudi, disamping
karya filsafatnya yang berjudul “The Reconstruction of Religious
Thoughs in Islam” (kedua buku ini sudah diterjemaahkan dan diterbitkan
dalam bahsa Indonesia). Beliau juga telah menulis beberapa prosanya dalam
bahasa Inggris dan arab.
-
Mustafa Lutfi Al-Manfaluti (1876-1926) seorang sastrawan dan ulama Al-Azhar (Mesir)
termasuk pengarang cerita pendek bergaya semi klasik dan semi modern.
-
D.r Muhammad Husain Haekal (1888-1956) pengarang mesir terkenal, yang telah menulisHayatu
Muhammad (Sejarah Hidup Nabi Muhammad SAW, telah terbit dalam
terjemaah bahasa Indonesia) adalah juga seorang sastrawan dan dianggap perintis
karya sastra modern setelah novelnya yang berjudul Zainabterbit
tahun 1914. beliau juga banyak menulis kritik sastra dan cerita pendek.
-
Jamil Siqdi Az-Zahawi (1863-1936) di Irak terkenal sebagai perintis sajak modern dan
seoran penyair tua yang bernada keras dan dikenal sebagai pembela hak-hak
wanita bersama-sama dengan Ma’ruf Ar-Rasafi (1877-1945).
-
Abdus Salam Al- Ujaili (lahir 1918)adalah seorang satrawan di Suriah dan juga
seorang Dokter medis, aktif dalam penulisan novel dan cerita pendek.
-
Peranan perempuan dalam perkembangan sastra modern ternyata tidak
banyak. Dari yang sedikit itu misalnya Binti Syati’ yang sebenarnya
bernama Aisyah Abdurrahman. Beliau meraih gelar dokter dalam sastra kelasik,
terkenal sebagai sastrawati, wartawati dan editor harian Al-Ahram Mesir. Selain
itu, beliau banyak menekuni Al-Qur’an, lalu menulis tapsir Al-Qur’an dari segi
sastra. Sastra lain seperti Fatwa Tawqan dan Nazek Al-Malaikah (palestina),
serta Layla Ba’albaki (Lebanon).
3. Kaligrafi
Kata kaligrafi berasal dari bahasa Yunani : kaligrafia atau
kaligrafhos. Kallos berarti indah dan grapho berarti tulisan. Jadi, kaligrafi
adalah tulisan (aksara) indah yang mempunya nilai estetis. Dalam bahasa arab
kalgrafi disebut khatt, yang dalam pengertian sehari-hari berarti tulisan indah
yang memliki nilai estetis.
Kaligrafi (khatt) merupakan satu-satunya seni Islam, yang murn
dihasilkan oleh orang Islam, berbeda dengan seni Islam lainnya seperti seni
lukis, dan ragam hias yng terpengaruh unsure non Islam.
Kaligrafi terdiri dar berbagai macam gaya antara lain
enam macam gaya yang dsebut Al-Aqlam as-Sittah (The Six Handsl
Styles). Seni kaligrafi berkembang sadangat cepat keseluruh pelosok dunia,
khususnya kenegara-negara yang penduduknya mayoritas umat Islam seperti
Indonesa.
Seni kalaigrafi digunakan sebagai hiasan di masjid-masjid,
penyekat ruangan, hasan dinding rumah, kotak penyimpanan periasan, alat-alat
rumah tangga dan lain-lan. Meda yang digunakan pun beragam-ragam yakn dari
kertas, kan, kulit, kaca, emas, perak, tembaga, kayu dan keramik.
Perhatian
umat Islam Indonesia terhadap seni kaligrafi cukup bagus, hal ini
ditandai antara lain:
-
Diadakan pameran lukisan kaligrafi bertaraf nasional, yakn pada
acar MTQ Nasional XI di semaran (1979), pada Muktamar pertama Media Massa Islam
sedunia di Jakarta (1980),pada MTQ Nsional XII di Band Aceh (1981),dan pada
pameran kaligrafi Islam di Balai Budaya Jakarta dalam rangka menyambut tahun
baru Hijriah 1405 (1984).
-
Diselenggarakannya Musabaqah Khatt Indah Al-Qur’an (MKQ) dalam
setap MTQ. MKQ mulai diselenggarakan pada MTQ Nasional XII di Banda Aceh (1981)
dan MTQ Nasional XIII di Padang (1983)
Mengambil
hikmah dari Peristiwa Perkembangan Islam pada masa modern
1. Pemerintah yang baik adalah pemerintah
yang tidak bersifat otoriter. Pemerintahan yang memiliki nilai Islami adalah
yang memerhatikan kesejahteraan rakyat dan kemajuan ilmu pengetahuan .
2. Ilmu bagi umat Islam adalah harta yang
paling berharga . Oleh karena itu , umat Islam harus memiliki dan mencarinya .
3. Kebaikan tidak hanya dimiliki kaum
muslimin . bangsa – bangsa Eropa yang kebanyakan nonmuslim pun memilikinya .
Untuk itu , umat Islam tidak boleh menutup mata untuk belajar dari bangsa Eropa
. Syaratnya , ambil yang baik dan buang yang tidak baik
4. Umat Islam sekarang harus belajar
banyak dari tokoh – tokoh pembaru yang berusaha menyadarkan umat Islam dari
kemundurannya .
5. Jalani agama sesuai dengan Alquran dan
Hadits.
Meneladani
tokoh – tokoh yang Berprestasi dalam Perkembangan Islam Masa Modern.
1. Para tokoh – tokoh seperti Jamaluddin
al Afgani , Muhammad Abduh , Mustafa Kemal , Iqbal dan yang lainnya , berusaha
menyadarkan umat Islam akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi . Mereka
mengantar umat Islam untuk menyadari bahwa bangsa – bangsa barat telah maju
meninggalkan umat Islam.
2. Mereka tidak henti – hentinya
mengobarkan semangat umat Islam untuk kembali pada ajaran Islam sesuai dengan
nilai dan semangatnya . Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam Islam harus diisi
dengan akhlak yang baik .
UNTUK VERSI SOFTCOPY (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605
HARGA BERSAHABAT
0 Response to "Materi Perkembangan Islam pada Masa Modern"
Posting Komentar