Tugas UNDHARI 2
TUGAS PRIBADI
BERMAIN ANAK USIA DINI
OLEH :
Nama : SRI EKA
PURWANTI
NIM : 1503031014
Jurusan : S 1
Dosen : Dra.
YULSYOFRIEND, M.Pd
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA
DHARMASRAYA
2015
SOAL
1. Jelaskan menurut saudara apa yang dikatakan
dalam permainan dalam proses pembelajaran anak usia dini dan berikan contohnya
Menurut saya,
permainan adalah suatu kegiatan yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran
anak usia dini. Permainan dalam proses pembelajaran dapat membantu anak sebagai
upaya dalam membantu perkembangan anak semaksimal mungkin serta memberikan
penyegaran pikiran dari aktivitas yang menjenuhkan bagi anak dengan melakukan
permainan anak akan berlatih secara fisik. Dengan demikian kemampuan kognitif
sosial akan berkembang.
Dengan permainan
anak bisa mengembangkan dan kecerdasan yang optimal dan memiliki pengalaman
yang kaya bermakna dan menarik, serta otak anak senang pada sesuatu yang baru
dan hal-hal yang baru dan menarik.
Permainan dalam
proses pembelajaran pada dasarnya mengembangka kurikulum secara konkret berupa
seperangkat rencana yang berisi sejumlah pengalaman belajar melalui permainan
yang diberikan pada anak usia dini berdasarkan potensi dan tugas perkembangan
yang harus dikuasai dalam rangka pencapaian kompetensi yang harus dimiliki anak
dan pembelajaran anak usia dini menggunakan prinsip belajar bermain dan
bernyanyi sehingga dapat membuat anak aktif, senang dan bebas memilih.
Contoh :
Permainan ada 2, sebagai berikut :
1.
Permainan Aktif
Permainan yang dilakukan oleh si anak secara bebas spontanitas.
Contohnya permainan drama (bermain peran makro dan mikro), bermain alat
musik, berolahraga / senam
2.
Permainan Pasif
Permainan yang dilakukan anak secara tidak langsung dengan kegiatan fisik
yang berat untuk mendukung pengetahuan bagi anak.
Contohnya
membaca / bercerita, mendengarkan dongeng, mendengarkan musik / lagu.
2. Jelaskan perbedaan belajar anak usia dini
melalui Sentra dan Area
1.
Melalui Sentra
·
Kalau melalui Sentra, pembelajarannya bermain
sambil belajar dan anak dalam lingkaran / berkelompok kecil maupun besar.
·
Dengan Sentra mampu merangsang aspek kecerdasan
dan dapat merangsang anak saling aktif, kreatif dan terus berfikir dengan
menggali pengalaman sendiri
·
Anak dapat berinteraksi, bersosialisasi dan
bekerja sama dengan teman lain dalam mengerjakan tugas secara mandiri
·
Akan terlibats ecara aktif baik secara fisik
maupun mental, serta belajar dengan melihat mendengar atau mengerjakan secara
langsung.
·
Anak dapat meningkatkan pengalaman belajar secara
mendalam dan memberikan kebebasan berekplorasi
·
Anak dapat emngembangkan semua aspek
perkembangannya
·
Anak dapat menambah wawasan dan pengetahuannya
2.
Melalui Area
·
Anak memilih atau melakukan kegiatan sendiri
sesuai dengan minatnya
·
Anak belajar bersama atau melakukan kegiatan
bersama
·
Anak dapat membangun pemahaman sendiri atas
dunia dan hal yang terjadi di sekelilingnya
·
Perkembangan anak melalui tahapan yang berbeda
·
Anak dapat mendorong kemampuan intelektual otot
otot halus, koordinasi mata dan tangan
·
Anak dibatasi agar dapat memperlihatkan lebih
mendalam proses dan hasil yang dicapai secara maksimal tanpa mengabaikan
anak-anak yang berada di area lain untuk menambah wawasan dan keahlian anak
·
Dapat membangkitkan minat dan semangat belajar
anak
·
Anak tidak merasa bosan / jenuh dalam melakukan
kegiatan.
3. Jelaskan pembelajaran anak usia dini
didalam kelas Ibu sendiri da aspek apa saja yang berkembang kepada diri anak
anda sendiri, beri contohnya
Didalam kelas kami
belajar menggunakans entra. Dengan adanya sentra, anak dapat mengembangkan
semua aspek seperti aspek nilai, agama, dan moral, aspek motorik, aspek
kognitif, aspek bahasa, aspek seni, dan aspek sosial – emosional dan dalam
pembelajaran didalam kelas anak saling bersosialisasi bersama teman sebayanya serta
anak tidak merasa bosan mengikuti pembelajaran didalam kelas. Anak memiliki
kesempatan bermain berkelompok yang lebih besar. Kalau didalam kelas alat untuk
pembelajarannya lebih banyak / beragam. Setiap pembelajaran memiliki
kesepakatan atau aturan bersama yang harus dipatuhi oleh anak-anak.
Contoh
pembelajaran anak usia dini di dalam kelas yaitu bermain balok
Aspek apa yang berkembang kepada
anak adalah semua aspek, seperti :
1.
Aspek motorik = anak menyebutkan bentuk-bentuk
balok seperti segitiga, segi empat, persegi, lingkaran, setengah lingkaran, dll
2.
Aspek bahasa = anak menceritakan gambar
buatannya sendiri seperti membuat rumah dari balok
3.
Aspek seni = anak membuat rumah / membangun
rumah
4.
Aspek nilai agama, moral = anak tahu ciptaan
Tuhan
5.
Aspek sosial emosional = anak saling membantu /
bekerja sama dalam melakukan permainan balok.
UNTUK VERSI LENGKAP (TULISAN + GAMBAR + EDIT + RAPI)
SILAHKAN DATANG KE WARNET GADIS.NET
SIMPANG SMPN 1 SITIUNG, DHARMASRAYA
08777-07-33330 / 0853-6527-3605
0 Response to "Tugas UNDHARI 2"
Posting Komentar