Warnet gadisnet

Warnet gadisnet

Otobiografi / Literatur Orang Sukses - Chairul Tanjung Si Anak Singkong Lengkap

Chairul Tanjung ialah pengusaha berhasil di Indonesia. Ia adalahpengusaha suskes sekaligus CEO utama di CT Corp. Namanya sedang di urutan ke-937 dari 1000 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan total kekayaan senilai USD 1 miliar. Tahun 2014, ia mempunyai kekayaan sebesar USD 4 miliar dan tergolong orang terkaya nomor 375 dunia. Chairul Tanjung bermunculan di Jakarta pada tanggal 16 juni 1962. Ayahnya mempunyai nama Abdul Ghafar Tanjung, berasal dari Sibolga, Sumatera Utara, adalahseorang wartawan pada orde lama yang mengeluarkan surat kabar beroplah kecil. Ibunya mempunyai nama Halimah, seorang perempuan keturunan Cibadak, Jawa Barat.
Chairul Tanjung berada dalam family yang simpel dan tinggal bareng dengan enam saudara lainnya. Ketika pada masa orde baru, ayahnya dipaksa tutup sebab bersebrangan secara politik dengan penguasa ketika itu. Keadaan ini yang menciptakan mereka bermukim di kamar losmen yang sempit. Chaerul Tanjung bersekolah di SD Van Lith, Jakarta pada tahun 1975. Kemudian melanjutkan sekolahnya di SMP Van Lith, Jakarta tahun 1978, lantas melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di SMA Negeri 1 Boedi oetomo, Jakarta tahun 1981, kemudian melanjutkan study-nya di Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia pada tahun 1987, lantas di Executive IPPM tahun 1993.
Untuk memenuhi keperluan kuliah, Chairul Tanjung berjualan kitab kuliah stensilan, kaos, dan jasa potret kopi di kampus. Ia pun pernah menegakkan tokoh yang memasarkan peralatan eksklusif kedokteran dan laboratorium di bilangan Senen, Jakarta Pusat, tetapi tokonya itu bangkrut. Chairul Tanjung adalahanak yang teladan dengan bukti ia sukses mendapatkan penghargaan sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional pada tahun 1984-1985.

Memulai Membangun Bisnis
Setelah lulus kuliah, Chaerul Tanjung bareng tiga rekannya menegakkan sebuah perusahaan yang diberi nama PT Pariarti Shindutama pada tahun 1987. Bermodal mula sekitar Rp 150.000.000,00 yang dipinjam dari Bank Exim, mereka memproduksi sepatu anak-anak guna ekspor.
Keberuntungan berpihak padanya, sebab perusahaan itu langsung mendapat pesanan 160 ribu pasang sepatu dari Italia. Akan tetapi sebab perbedaan visi tentang perluasan usaha, Chairu Tanjungl memilih terbit dan menegakkan usaha sendiri.
Chaerul Tanjung menamakan perusahaan itu dengan Para Group. Perusahaan konglomerasi (perusahaan yang punya pelbagai bisnis dan memungkinkan tidak terdapat kaitan antara satu sama lain) ini memiliki Para Inti Holdindo sebagai father holding company, yang membawahkan sejumlah sub-holding, yaitu Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo (media dan investasi), dan Para Inti Propertindo (properti).

Kehebatannya dalam membina jaringan dan sebagai pengusaha, menciptakan bisnis yang ia kelola semakin berkembang. Chairul Tanjung mereposisikan dirinya ke tiga bisnis inti, yaitu; keuangan, properti, dan multimedia.
1.    Chairul Tanjung mempunyai sejumlah perusahaan di bidang finansial, antara beda Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah, dan Mega Finance.
2.    Perusahaan itu membawahi Para Bandung Propertindo, Para Bali Propertindo, Batam Indah Investindo, dan Mega Indah Propertindo. Para Group mempunyai Bandung Supermall. Mal seluas 3 hektar ini menguras dana Rp 99 miliar. Para Group mengenalkan Bandung Supermall sebagai Central Business District pada tahun 1999.
3.    Di bidang investasi, pada mula 2010 Para Group melewati anak perusahaannya, Trans Corp melakukan pembelian sebagian besar saham Carefour Indonesia, yakni sebanyak 40 persen. MoU (memorandum of understanding) pembelian saham Carrefour ini ditandatangani pada tanggal 12 Maret 2010 di Perancis.
4.    Di bidang penyiaran dan multimedia, Para Group mempunyai Trans TV, Trans7, Mahagagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle, dan Trans Studio.
Chairul Tanjung meresmikan evolusi Para Grup menjadi CT Corp pada tanggal 1 Desember 2011. CT Corp terdiri dari tiga perusahaan sub holding: Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources yang mencakup layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan, dan sumber daya alam.

Tips Berbisnis dari Chairul Tanjung
Chairul Tanjung adalahseorang pengusaha berhasil dalam berbisnis ia memiliki sejumlah cara supaya bisnis yang ia kelola menjadi lebih baik dan pastinya sukses. Chairul Tanjung mengaku bahwa dalam membina bisnis, mengembangkan jaringan ialah hal yang penting. Selain tersebut mempunyai rekanan yang baik paling diperlukan. Membangun relasi pun tidak saja kepada perusahaan yang telah ternama, tetapi pun pada yang belum familiar sekalipun. Baginya, pertemanan yang baik akan menolong proses berkembangnya bisnis yang dikerjakan. Ketika bisnis pada situasi tidak bagus maka jejaring dapat diandalkan.
Dalam urusan investasi, Chairul Tanjung mempunyai idealisme bahwa perusahaan lokalpun dapat menjadi perusahaan yang dapat bersinergi dengan perusahaan-perusahaan multinasional. Ia tidak memblokir diri guna bekerja sama dengan perusahaan multinasional dari luar negeri.
Menurutnya modal memang urgen dalam membina dan mengembangkan bisnis. Namun keinginan dan kerja keras, adalahhal sangat pokok yang mesti dipunyai seseorang yang hendak sukses. Baginya mendapatkan partner kerja yang handal ialah segalanya. Dimana membangun keyakinan sama halnya dengan membina integritas.
Dalam bisnis, Chairul mengaku bahwa generasi muda telah seharusnya sabar, dan inginkan menapaki tangga usaha satu persatu. Menurutnya membina sebuah bisnis tidak seperti mengembalikan telapak tangan. Dibutuhkan suatu kesabaran, dan tak pernah menyerah. Jangan sampai tidak sedikit yang memungut jalan seketika, sebab dalam dunia usaha kesabaran ialah salah satu kunci utama dalam menculik hati pasar.

Menjadi Menko Perekonomian
Pada tanggal 16 Mei 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN), Chairul Tanjung sebagai Menko Perekonomian. Ia menggantikan Hatta Rajasa yang sudah resmi mengundurkan diri sebab maju menjadi calon wapres Prabowo Subianto dalam pilpres 2014 dengan sokongan dari Partai Gerindra, PAN, PKS, Golkar dan PPP.
Pelantikan Chairul Tanjung dilaksanakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Senin, 19 Mei 2014 menurut Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 2014. Pada tanggal 27 Oktober 2014 Chairul Tanjung digantikan oleh Sofyan Djalil sebagai Menko Perekonomian.

Penghargaan

Pada tanggal 18 April 2015, Chairul Tanjung dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu kewirausahaan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Pengukuhan tersebut dilaksanakan di ruang Garuda Mukti, Gedung Rektorat, kampus C Unair.

0 Response to "Otobiografi / Literatur Orang Sukses - Chairul Tanjung Si Anak Singkong Lengkap"

Posting Komentar